Mrs, Nuraini (2021) Analisis Kesalahan Ejaan pada Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kemdikbud Kelas VII SMP/ Mts. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nuraini_20160701070098_Cover_TBIN.pdf Download (74kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Lembar Persetujuan_TBIN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (204kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Abstrak_TBIN.pdf Download (32kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Daftar Isi_ TBIN.pdf Download (37kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_BAB I_TBIN.pdf Download (359kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_BAB IV_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf Download (143kB) |
|
Text
Nuraini_20160701070098_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf Download (32kB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Ejaan, Buku Teks Kepenulisan ejaan pada buku teks merupakan suatu hal kewajiban yang dituntut tingkat ketelitiannya, dikarenakan sebagian penulis terkadang mengabaikannya. Jika terjadi banyak kesalahan ejaan pada buku teks yang digunakan oleh peserta didik tersebut, otomatis terjadi pentransferan ilmu ejaan yang salah. Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok permasalahannya, yakni pertama bagaimana bentuk kesalahan pemakaian huruf pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts, dan yang kedua bagaimana bentuk kesalahan penulisan kata pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts, serta yang terakhir bagaimana bentuk kesalahan penulisan tanda baca pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts. Ada pun tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama mendeskripsikan bentuk kesalahan pemakaian huruf pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts, dan yang kedua mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kata pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts, serta yang terakhir mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan tanda baca pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan secara kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan untuk mendeskripsikan kesalahan serta kuantitatif untuk menghitung frekuensi kesalahan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud, serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara uji kredibilitas dalam ranah meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesalahahan terbanyak terdapat pada kesalahan dalam penggunaan kata baku, 2) Setelah kesalahan penggunaan kata baku yang terbanyak, disusul oleh kesalahan penggunaan tanda baca seru kemudian kesalahan penulisan huruf kapital
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71G ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 01:29 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2235 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |