Korelasi Antara Manajemen Konflik Dengan Kinerja Guru Di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan

UMAM, ZAFILUL (2021) Korelasi Antara Manajemen Konflik Dengan Kinerja Guru Di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_Cover_MPI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_KATA PENGANTAR_MPI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_BAB I_MPI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_ BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_BAB IV_MPI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Zafilul Umam_20170701041196_RIWAYAT HIDUP_MPI.pdf

Download (121kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Konflik, Kinerja, Guru Konflik pastinya tidak akan lepas dalam kehidupan sehari-hari, karena itu sudah tertuliskan dalan sabda rasulullah yang artinya: manusia itu tidak akan luput dengan yang namanya salah dan lupa. Setiap interaksi yang dilakukan oleh manusia pasti ada salahnya, Apalagi dalam lingkup lembaga pendidikan, yang mana pastinya banyak masalah-masalah yang akan di hadapi. Oleh karena itu, kiranya agar lembaga pendidikan berjalan dengan baik, maka diperlukan adanya pengelolaan dalam berbagai aspek di lembaga pendidikan terutama dalam kinerja yang dilakukan oleh guru. Dalam artian, hal ini di butuhkan agar konflik yang terjadi dapat di atasi dengan baik, maka perlu kiranya di butuhkan pengelolaan konflik yang baik pula dalam kinerja yang dilakukan oelh guru. pengelolaan itu di dasarkan atas empat hal yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Pengelolaan dalam lembaga pendidikan harus diperhatikan terutama dalam kinerja yang dilakukan oleh guru. Karena guru adalah seseorang yang berinteraksi lamgsung dengan siswa. Ketika siswa berhasil maka pasti guru adalah orang pertama yang berjasa akan keberhasilan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data primer yakni kuesioner atau angket. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh melalui seperangkat daftar pertanyaan/pernyataan tertentu yang disusun secara sistematis dan lengkap. Informannya adalah guru yang nantinya setalah guru selesai mengisi angket lalu di cari apakah ada atau tidak korelasinya. Dengan menggunakan uji validitas, dan reliablilitas dan korelasinya di cari dengan menggunakan rumus Corelatiaon Rank Sperman di aplikasi SPSS 25 Windows 10, agar hasilnya lebih maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kondisi manajemenkonflik dengan kinerja guru di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata pemekasan dilakukan melalui dua (2) hal berikut ini, yaitu: 1) hasil uji validitas yang telah diperoleh dari kuesioner yang telah di isi oleh guru di sekolah tersebut diperoleh beberapa hasil yang tidak valid dari sebagian responden sehingga hanya di ambil yang valid saja. sehingga uji validitas yang asalnya berisi 28 pernyataan untuk variabel X (Manajemen Konflik), hanya di ambil 19 penyataan saja (yang valid). sedangkan, untuk variabel Y (Kinerja Guru) di ambil 15 saja (yang valid). 2) hasil uji reliabilitas yang telah diperoleh dari hasil uji validitas (yang valid saja) maka di peroleh hasil pengujian reliabilitas variabel X (Manajemen Konflik) menunjukkan angka Cronbach’s Alpha berjumlah 0,783 dinyatakan reliabel dengan Cronbach’s Alpha lebih besar dari batas reliabel yakni 0,60, maka angka 0,783 lebih besar dari 0,60 (batas reliabel) sehingga dinyatakan bahwa instrument tersebut reliabel. Dan juga hasil pengujian reliabilitas variabel Y (Kinerja Guru) menunjukkan angka Cronbach’s Alpha berjumlah 0,844 dinyatakan reliabel dengan Cronbach’s Alpha lebih besar dari batas reliabel yakni 0,60, Kedua, korelasi antara manajemen konflik dengan kinerja guru di SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan dilakukan melalui satu (1) hal berikut ini, yaitu: 1) dariHasil uji correlation Rank Sperman diatas bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari\nilai alpha (α) yaitu 0,021 < 0,05 dapat diartikan variabel X (Manajemen Konflik) dan variabel Y (Kinerja Guru) memiliki hubungan atau korelasi secara positif yakni semakin tinggi variabel X maka semakin tinggi pula variabel Y. dengan variabel X (Manajemen Konflik) dan variabel Y (Kinerja Guru) berada pada taraf interval 0,20 - 0,399 yang termasuk pada kategori korelasi rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_122 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 19 Apr 2022 00:41
Last Modified: 19 Apr 2022 00:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2283

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item