Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas XI dengan Penugasan Terstruktur pada Guru di Ma Al-Ula Ambat Pamekasan

Ikhsan, Moh (2021) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas XI dengan Penugasan Terstruktur pada Guru di Ma Al-Ula Ambat Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Moh Ikhsan-18201501040120-sampul.pdf

Download (75kB)
[img] Text
c. Moh Ikhsan-18201501040120-halaman persetujuan.pdf

Download (56kB)
[img] Text
d. Moh Ikhsan-18201501040120-halaman pengesahan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
e. Moh Ikhsan-18201501040120-abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
f. Moh Ikhsan-18201501040120-daftar isi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
g. Moh Ikhsan-18201501040120-BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
h. Moh Ikhsan-18201501040120-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
i. Moh Ikhsan-18201501040120-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
j. Moh Ikhsan-18201501040120-BAB IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
k. Moh Ikhsan-18201501040120-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
l. Moh Ikhsan-18201501040120-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
b. Moh Ikhsan-18201501040120-pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (12kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Kepela Sekolah, Minat Baca, Penugasan Terstruktur Stategi yang diperlukan dalam meningkatkan minat baca bagi siswa, tentunya sesuai dengan penugasan struktur yang berikan kepala sekolah kepada guru. Agar berjalan sesuai dengan tujuan yang hendak di capai. Karena guru merupakan komponen penting dalam pendidikan, jadi harus berinteraksi dengan siswa. Agar dapat menggali potensi siswa dengan minat yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran minat baca siswa kelas XI MA al-Ula Ambat Pamekasan?; kedua, bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat baca siswa?; ketiga, bagaimana proses pelaksanaan penugasan terstruktur pada guru untuk meningkatkan minat baca siswa kelas XI di MA al-Ula Ambat Pamekasan?; keempat, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi meningkatkan minat baca siswa kelas XI dengan penugasan terstruktur pada guru di MA al-Ula Ambat Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di MA al-Ula Ambat Pamekasan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI. Dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama gambaran minat baca siswa kelas XI Ma Al-Ula Ambat Pamekasan minat membacanya meningkat, sudah mulai membiasakan diri untuk membaca meskipun dengan cara membaca cepat dan sudah mengerjakan tugas-tugas dari guru dengan kegiatan membaca, dalam mengerjakan tugas, tentunya guru sudah dikatakan berhasil dalam langkah�langkah pemberian tugas. Kedua, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat baca siswa juga dapat dilihat ketika Kepala sekolah mewajibkan guru untuk mensosialisasikan “pentingnya membaca”, kegiatan membaca seperti halnya dikelas XI yang ada penjadwalan “jam wajib”, membaca di pojok baca dan di perpustakaan, penambahan buku baru yang menarik agar siswa/siswi setiap hari berkunjung ke perpustakaan. Ketiga, keberhasilan teknik ice breaking untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu proses pelaksanaan penugasan terstruktur pada guru untuk meningkatkan minat baca siswa kelas XI di MA Al-Ula Ambat Pamekasan, proses pelaksanaan penugasan terstruktur pada guru ialah guru memberikan tugas praktis, guru juga melatih kedisiplinan anak yaitu dengan pemberian waktu untuk mengerjakan tugas, guru menekankan jadwal dan pada jam berapa siswa/siswi harus membaca dan berkunjung ke perpustakaan, selain itu guru mengcross cek langsung dalam hal kegiatan membaca. Keempat, faktor pendukung seperti sarana dan motivasi yang tinggi dan motivasi yang tinggi. sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kesulitan donatur yang mendatangkan buku-buku baru, dan kurang perhatian orang tua sumber daya manusia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:53
Last Modified: 18 Apr 2022 03:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2313

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item