Pengelolaan Program Amaliah Tadris dalam Pembentukan Kompetensi Calon Guru di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan

Hakim, Lukman (2019) Pengelolaan Program Amaliah Tadris dalam Pembentukan Kompetensi Calon Guru di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Lukman Hakim-18201501040102-Sampul-MPI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
c. Lukman Hakim-18201501040102-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
d. Lukman Hakim-18201501040102-Halaman Pengesahan-MPI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
e. Lukman Hakim-18201501040102-Abstrak-MPI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
f. Lukman Hakim-18201501040102-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
g. Lukman Hakim-18201501040102-BAB I-MPI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
h. Lukman Hakim-18201501040102-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
i. Lukman Hakim-18201501040102-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
j. Lukman Hakim-18201501040102-BAB IV-MPI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
k. Lukman Hakim-18201501040102-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
l. Lukman Hakim-18201501040102-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
b. Lukman Hakim-18201501040102-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (17kB)

Abstract

Kata Kunci :Pengelolaan,Amaliah Tadris dan Kompetensi Guru Kompetensi Mengajar adalah Kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru, dimana dengan menguasai komptensi tersebut guru akan mudah mengembangkan mengajar lebih efektif dan efisien, untuk mencapai guru yang berkompeten, mka perlu adanya pelatihan-pelatihan mendasar secara optimal tentang belajar mengajar, pelatihan itu bisa kita sebut dengan Micro Teaching Atau Amaliah Tadris yang mana dalam pelatihan tersebut ada beberapa unsur yang memang harus dan perlu dikuasai oleh calon guru, diantaranya adalah pemahaman metode mengajar, tujuan umum dan khusus dala pembuatan I’dad/RPP dan penanaman jiwa pendidik. Berdasarkan hal tersebut, maka beberapa permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana perencanaan program Amaliah Tadris di Pondok Pesantren Nurul Huda?. Bagaimana pelaksanaannya dan bagaimana kualitas guru pasca mengikuti program Amaliah Tadris? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pimpinan Pondok, Guru dan sebagian Santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kompetensi calon Guru melalui pengelolaan Program Amaliah Tadris adalah Perencanaan, Pelaksaan dan Evaluasi dari jalannya praktek mengajar. Perencanaan dalam Program Amaliah TAdris memiliki beberapa kegiatan, diantaranya ialah: Ujian Materi Tarbiyah wa�Ta’lim, Pengarahan Tarbiyah Amaliah, Penghafalan Thuruqut Tadris Pengarahan Praktikum dan Pengarahan TIU-TIK. Pelaksanaan program Amaliah Tadris diawali dengan pemberian tiket praktek mengajar untuk membuat persiapan mengajar, dalam Amaliah Tadris diikuti seluruh peserta praktek mengajar beserta dewan guru dan pembimbing untuk mempersiapkan dan menilai jalannya praktek mengajar. Ada pula Evalusi pasca praktek mengajar yang diikuti oleh dewan pembimbing dan seluruh peserta Amaliah Tadris untuk menyampaikan kritikan dari kesalahan yang dilakukan oleh pengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_139 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:51
Last Modified: 18 Apr 2022 03:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2315

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item