Handayani, Ayu (2021) Layanan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pengembangan Disiplin Peserta Didik di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ayu Handayani_18381042024_Cover_MPI.pdf Download (54kB) |
|
Text
Ayu Handayani_ 18381042024_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ MPI.pdf Download (78kB) |
|
Text
Ayu Handayani_ 18381042024_ Lembar_Pengesahan_ MPI.pdf Download (156kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_Abstrak_MPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Ayu Handayani_ 18381042024_ Daftar_Isi_ MPI.pdf Download (38kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_BAB I_MPI.pdf Download (188kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_BAB IV_MPI.pdf Download (290kB) |
|
Text
Ayu Handayani_18381042024_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
Ayu Handayani_ 18381042024_ Daftar_Pustaka_ MPI.pdf Download (99kB) |
|
Text
Ayu Handayani_ 18381042024_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi.pdf Download (76kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pelaksanaan Ekstrakulikuler Pramuka, Pengembangan Disiplin Peserta Didik, Faktor Pendukung dan Penghambat Layanan ekstrakurikuler pramuka berperan dalam mengembangkan keterampilan peserta didik mulai dari bakat, minat, kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ekstrakurikuler pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib dalam sekolah, hal ini tertera dalam Permendikbud No. 62 Tahun 2014. Ekstrakurikuler pramuka memiliki tujuan dalam mendisiplinkan peserta didiknya karena sesuai dengan dhasa dharma pramuka yang ke-8 yaitu disiplin, berani dan setia. Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka pasti memiliki faktor pendukung dan faktor penghambatnya, faktor tersebut bisa terjadi sesuai dengan apa yang terjadi dalam seuatu instansi pendidikan dan setiap instansi pendidikan memiliki faktor pendukung dan penghambat yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi topik atau pembahasan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Pamekasan; Kedua, layanan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan disiplin peserta didik di MAN 2 Pamekasan; Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan disiplin peserta didik di MAN 2 Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasinya dari kepala madrasah atau kamabigus, pembina pramuka gugus depan, dan peserta didik anggota pramuka di MAN 2 Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka selama masa pandemi dilaksanakan secara online melalui media sosial Gasprameda dan pelaksanaan tatap muka pada bulan Oktober 2021, pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Pamekasan dilaksanakan pada setiap hari Jum’at jam 15.00 WIB di lapangan belakang MAN 2 Pamekasan dan ekstrakurikuler pramuka ini merupakan ekstrakurikuler wajib di MAN 2 Pamekasan; Kedua, layanan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan disiplin peserta didik di MAN 2 Pamekasan dikelola dengan baik sehingga menghasilkan disiplin peserta didik yang baik, adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan disiplin peserta didik yaitu: a) Kegiatan rutin ekstrakurikuler pramuka. b) Kegiatan tahunan pramuka seperti kemah dan perekrutan. c) Kegiatan TRITAMBA dan TRIWAMBA, d) Kegiatan event dan lomba pramuka. Peserta didik yang aktif pramuka cenderung memiliki kedisiplinan yang tinggi mulai dari disiplin segi berpakaian, penampilan, belajar dan dalam lingkungan sekolah; Ketiga, Faktor pendukung pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka yaitu: a) Pembina pramuka yang berkompeten. b) Sarana dan prasarana yang memadai. c) Dukungan dari semua stakeholder di MAN 2 Pamekasan. Penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Pamekasan: a) Ada pandemi COVID-19. b) Kontrol. c) Kurangnya komunikasi dengan orang tua peserta didik. d) Berkurangnya semangat peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:39 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2322 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |