Peran Guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs. Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang

Mrs, Sulastri (2021) Peran Guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs. Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
c) Sulastri_ 20170701082068_Lembar Persetujuan Pembimbing_TIPS.pdf

Download (112kB)
[img] Text
d) Sulastri_20170701082068_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (160kB)
[img] Text
e) Sulastri_20170701082068_Abstrak_TIPS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
f) Sulastri_20170701082068_Daftar Isi_TIPS.pdf

Download (101kB)
[img] Text
g) Sulastri_20170701082068_BAB I_TIPS.pdf

Download (340kB)
[img] Text
h) Sulastri_ 20170701082068_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
i) Sulastri_20170701082068_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
j) Sulastri_ 20170701082068_BAB IV_TIPS.pdf

Download (366kB)
[img] Text
k) Sulastri 20170701082068_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
l) Sulastri_20170701082068_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (302kB)
[img] Text
b) Sulastri_ 20170701082068_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_TIPS.pdf

Download (78kB)

Abstract

Kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembentukan sikap Tanggung Jawab. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs. Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang? Kedua, Bagaimana Peran guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs. Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang? Ketiga, Apa saja kendala yang dihadapi guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs. Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi triangulasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, Sikap tanggung jawab pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang masih dikatakan kurang baik hal ini dapat dilihat dari tanggung jawab siswa bahwa Sikap tanggung jawab pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Batu Karang Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang masih dikatakan masih kurang baik hal ini dapat dilihat dari sikap siswa yang kurang memiliki rasa tanggung jawab seperti siswa yang masih mengerjakan PR disekolah hal ini menunjukkan siswa masih kurang peka terhadap tanggung jawabnya. Guru IPS melakukan pembentukan sikap tanggung jawab pada siswa disetiap pertemuan melalui pemberian tugas baik tugas individu atau tugas kelompok. RPP mengacu pada pembentukan sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin. Kedua, Peran guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Batu Karang mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk sikap tanggung jawab siswa karena pada hakikatnya pelajaran IPS itu mengacu pada kehidupan sosial melalui beberapa tahapan yaitu: 1). Melakukan Perencanaan Pembelajaran IPS yang dimuat dalam RPP, 2). Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi disetiap pertemuan, 3). Melakukan evaluasi pembelajaran yang dilihat dari kehadiran siswa saat pembelajaran, proses pembelajaran dilihat dari bagaimana perilaku siswa saat pembelajaran berlangsung, dan akhir pembelajaran saat mereview materi yang telah diajarkan, apakah mereka memahami dan mendengarkan materi yang disampaikan saat pembelajaran berlangsung. Ketiga, Kendala yang dihadapi guru dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Mubtadiin Batu Karang meliputi: 1). Faktor lingkungan menjadi kendala dalam pembentukan sikap tanggung jawab siswa, 2). Faktor teman sebaya, 3). Faktor keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m_088 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:37
Last Modified: 18 Apr 2022 03:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2324

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item