A’yuni, Qurrota (2021) Penerapan Pembelajaran Media VCD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Qurrota A'yuni_20170701082058_SAMPUL_TIPS.pdf Download (72kB) |
|
Text
3. Qurrota A'yuni_20170107082058_ HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf Download (74kB) |
|
Text
4. Qurrota A'yuni_20170701082058_HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (146kB) |
|
Text
5. Qurrota A'yuni_20170701082058_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (63kB) |
|
Text
6. Qurrota A'yuni_20170701082058_DAFTAR ISI_TIPS.pdf Download (92kB) |
|
Text
7. Qurrota A'yuni_20170701082058_BAB I PENDAHULUAN_TIPS.pdf Download (112kB) |
|
Text
8. Qurrota A'yuni_20170701082058_BAB II KAJIAN PUSTAKA_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
9. Qurrota A'yuni_20170701082058_BAB III METODE PENELITIAN_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
10. Qurrota A'yuni_20170701082058_BAB IV PAPARAN DATA, HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN_TIPS.pdf Download (445kB) |
|
Text
11. Qurrota A'yuni_20170701082058_BAB V PENUTUP_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
12. Qurrota A'yuni_20170701082058_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf Download (142kB) |
|
Text
2. Qurrota A'yuni_20170701082058_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf Download (288kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media VCD, Mata Pelajaran IPS, Motivasi Belajar Media VCD merupakan salah satu media audio visual yang bisa digunakan dalam membantu proses belajar mengajar. Ada tiga permasalahan yag menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui peranan media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (2) untuk mengetahui fungsi media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan (3) faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triagulasi. Untuk analisis data menggunakan teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peranan media VCD dalam pembelajara IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ha ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam menyimak pelajaran dan ketanggapan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru; (2) Fungsi dari penggunaan media VCD adalah untuk menjelaskan atau memvisualisasikan suatu materi yang sulit dipahami jika hanya menggunakan ucapan verbal, mempermudah memahami dan mengingat informasi, serta membantu siswa yang lemah dan lambat menerima pelajaran yang disajikan secara verbal atau teks.; dan (3) Faktor pendukung peranan media VCD dalam pembelajaran IPS; tersedianya sarana di sekolah, tersedianya waktu untuk menggunakan media, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam pembuatan dan menggunakan media, dan kedisiplinan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang terlambat, siswa yang tidak membawa buku, kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media, terbatasnya sarana di sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71F ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |