Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII di Sekolah MTs. Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan

Amina, Sitti (2020) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII di Sekolah MTs. Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_Cover_TIPS.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Sitti Amina_20160701080095_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_Abstrak_TIPS.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_BAB I_TIPS.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_BAB IV_TIPS.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Sitti Amina_201600701080095_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Sitti Amina_20160701080095_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS Media visual (Gambar) adalah media berbasis visual memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas, merupakan media yang paling umum dipakai dapat digunakan dimana saja, dimengerti, dan terjangkau dilihat dari segi biayanya, media gambar dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan peserta didik, selain itu media gambar dapat pula menumbuhkan minat peserta didik karena media gambar dapat memberikan hubungan isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VII putra MTs. Al-Abror pada mata pelajaran IPS, ada beberapa faktor yang menyebabkan motivasi belajar peserta didik menjadi rendah yaitu guru selalu menggunakan metode ceramah tanpa adanya media sebagai alat pendukung, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran IPS dan juga proses pembelajaran IPS di sana terkesan membosankan. Melihat kenyataan tersebut dibutuhkan suatu usaha untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Salah satunya adalah dengan menggunakan media gambar yang tepat dalam pembelajaran IPS, Penelitian ini difokuskan pada masalah, Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VII putra MTs. Al-Abror. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model kemmis dan Mc Taggrat yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) Refleksi. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan test hasil tindakan. Dalam pertemuan ini dijadikan 3 pertemuan kemudian sumber penelitianya yaitu guru IPS, Kepala sekolah, kepala TU, semua siswa kelas VII putra MTs. Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Hasil penelitian mengatakan bahwa media visual (Gambar) pada mata pelajaran IPS materi perkembangan kehidupan masyarakat praaksara mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII putra MTs. Al-Abror. Dari pertemuan pertama hingga ke tiga tingkat motivasi peseta didik mengalami peningkatan yang sangat baik meskipun awalnya hasil motivasi tidak berhasil namun lambat laun mereka terbiasa dengan penerapan media gambar sehingga mereka dapat tergerakkan atau terdorong untuk bersemangat dalam belajar, terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga proses KBM sudah tidak lagi berjalan dengan biasa-biasa saja dan tidak terkesan membosankan lagi bagi mereka. Sehingga dapat disimpulkan pemanfaatan metode, strategi, dan media yang bervariatif sangatlah penting digunakan dalam proses pembelajaran di kelas oleh guru karena bertujuan untuk bisa mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:22
Last Modified: 18 Apr 2022 02:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2345

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item