Moseini, Ahmad (2021) Upaya Guru IPS dalam Menciptakan Daya Tarik siswa pada Pelajaran IPS Dengan Metode Tanya Jawab Di SMPN 3 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Cover_TIPS.pdf Download (83kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf Download (90kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf Download (44kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Abstrak_TIPS.pdf Download (109kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (90kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_BAB I_TIPS.pdf Download (162kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_BAB IV_TIPS.pdf Download (231kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Daftra Pustaka_TIPS.pdf Download (118kB) |
|
Text
Ahmad Moseini_20170701081009_Lembar Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (84kB) |
Abstract
Kata Kunci: Daya Tarik Siswa, Metode Tanya Jawab Guru harus mampu memberikan pelajaran yang baik kepada siswa dengan berbagai metode yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya dengan metode tanya jawab. Penggunaan metode tanya jawab biasanya baik untuk maksud-maksud yang diperlukan untuk menyimpulkan atau mengikhtisarkan pelajaran atau materi yang dibaca. Dengan di bantu tanya jawab, siswa akan tersusun jalan pikirannya sehingga mencapai perumusan yang baik dan sehat. Metode tanya jawab ini sangat berguna dalam mengajarkan anak-anak, karena metode ini membiasakan murid untuk mengungkapkan apa-apa yang terlintas dalam pikirannya dengan ungkapan yang teratur dan sistematis dan berani mengemukakan pendapatnya tanpa ada rasa takut dan gemetar, mendorong mereka untuk mendalami pelajaran, sehingga menambah kecintaan mereka terhadap pelajaran serta membangkitkan keaktifan berpikir dari mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informan adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat beberapa cara yang bisa guru lakukan agar nantinya siswa tertarik dan semangat mengikuti pelajaran IPS dengan metode tanya jawab, yaitu tidak membatasi jawaban siswa, menghindari pertanyaan yang jawabannya mengarah kata “YA” atau TIDAK”, serta memberikan kesempatan pertanyaan menyeluruh kepada seluruh siswa. Kedua, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi stimulus siswa yaitu adanya metode pelajaran yang beragam sehingga tidak membuat siswa bosan, guru harus membuat siswa aktif di kelas, serta adanya kelas yang kondusif. Ketiga, Terdapat beberapa kendala da solusi dalam pelaksanaan metode tanya jawab pada mata pelajaran IPS di SMPN 3 Pademawu faktor tersebut adalah adanya metode tanya jawab bisa menimbulakan permasalahn baru, pertanyaan dapat mengarahkan ke jawaban yang lebih luas dan menyimpang, metode tanya jawab tidak cocok diterapkan bagi siswa yang apatis. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan cara guru harus merumuskan tujuan pelajaran terlebih dahulu, guru membatasi jawaba siswa agar tidak menyimpang dari pertanyaan, serta guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa yang apatis untuk memberikan jawabannya sehingga nantinya akan belajar untuk berpendapat dimuka umum
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:20 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |