Lembaga Sosial Keluarga Dalam Mendukung Program Pendidikan Home Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

Mrs, Musannadah (2021) Lembaga Sosial Keluarga Dalam Mendukung Program Pendidikan Home Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_SAMPUL.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_KATA PENGANTAR.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_BAB II PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_BAB IV PAPARAN DATA.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Musannadah_TIPS_20170701082049_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (211kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Home Learning, Keluarga, Pendidikan, Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan massifnya penyebaran Covid-19 di Indonesia pada awal tahun 2020 sehingga berdampak pada kebijakan pemerintah terkait pemindahan akses belajar dari lembaga pendidikan (sekolah dan universitas) sebagai langkah atau upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan sehingga pembelajaran dipindahkan ke rumah peserta didik dan dikenal dengan sebutan home learning. Fokus penelitian meliputi apa peran dan fungsi lembaga sosial keluarga dalam mendukung program home learning? apa kendala yang dihadapai lembaga sosial keluarga dalam mendukung program home learning? dan apa solusi yang diberikan lembaga keluarga dalam mendukung program pendidikan home learning di Desa Larangan Luar?. Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peran dan fungsi lembaga sosial keluarga dalam mendukung program home learning, kendala yang dihadapai lembaga sosial keluarga dalam mendukung program home learning, dan solusi yang diberikan lembaga keluarga dalam mendukung program pendidikan home learning di Desa Larangan Luar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan mendekripsikan data yang diperoleh melalui prosedur pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Hubberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam pengecekan data menggunakan triangulasi sumber dengan melakukan pengecekan mendalam terhadap beberapa sumber data untuk memperoleh data yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Hasil dari penelitian ini yakni aktivitas pembelajaran home learning yang melibatkan lembaga sosial keluarga selama melakukan pendampingan anak�anaknya belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 sudah berjalan sesuai dengan peran yang diambil masing-masing anggota keluarga, hal ini ditunjukkan dengan adanya pertanggungjawaban yang diberikan lembaga sosial keluarga dalam memaksimalkan perannya. Salah satu hambatan yang dihadapi lembaga sosial keluarga yakni adanya tekanan secara psikis kepada orang tua dan anak saat kegiatan home learning dilaksanakan karena tidak adanya persiapan dan bekal yang maksimal. Adapun solusi dari aktivitas home learning yakni menumbuhkan kesadaran pendidikan kepada masyarakat serta adanya perbaikan secara tuntas untuk mengembalikan tujuan pendidikan yang diharapkan, dimulai dari memperbaiki komunikasi dalam lembaga sosial keluarga serta pemenuhan segala fasilitas dan akses yang dibutuhkan selama pembelajaran home learning berlangsung pada masa pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:19
Last Modified: 18 Apr 2022 02:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2349

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item