Mr, Supandi (2021) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Supandi_20170701081069_Cover_TIPS.pdf Download (189kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (275kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_Abstrak_TIPS.pdf Download (146kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (349kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_BAB I_TIPS.pdf Download (480kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_BAB IV_TIPS.pdf Download (189kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (270kB) |
|
Text
Supandi_20170701081069_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (276kB) |
Abstract
Kata Kunci: Keaktifan siswa, model pembelajaran cooperative learning, metode sosiodrama. Keaktifan siswa sangat penting dalam sebuah pembelajaran, terkadang kekatifan siswa sangat dipengaruhi bagaimana cara guru dalam menerapkan model pembelajaran, seperti halnya model pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan metode sosiodrama ini, hal ini sangat efektif untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan kekatifan siswa di dalam kelas. Fokus penelitian ini adala: Pertama bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung peningkatan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah SMP Sabilul Ihsan Jalmak Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan memalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu model pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan metode sosiodrama ini, memang benar-benar baik untuk diterapkan karena memang bisa membuat keaktifan siswa semakin meningkat, adapun faktor penghambat dari penerapan metode ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang ada disekolah seperti media pembelajaran, faktor pendukungnya yaitu, guru selalu antusias dalam menjelaskan bagaimana cara mendramakan peran dengan baik, dan guru selalu memberikan hadia bagi setiap peserta didik yang bisa memerankan perannya dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:11 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:11 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2356 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |