Mr, Hindun (2021) Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pendekatan Kelompok dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HINDUN_18201501080022_COVER_TIPS.pdf Download (243kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_LEMBAR- PERSETUJUAN_PEMBIMBING_TIPS.pdf Download (49kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (61kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (85kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_DAFTAR ISI_TIPS.pdf Download (300kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_BAB I_TIPS.pdf Download (445kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_BAB IV_TIPS.pdf Download (826kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_DAFTAR_PUSTAKA_TIPS.pdf Download (296kB) |
|
Text
HINDUN_18201501080022_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_DAN_PERSETUJUAN PUBLIKASI_TIPS.pdf Download (82kB) |
Abstract
Kata Kunci : Sikap Sosial, Kelompok, Pembelajaran IPS Peserta didik berbeda-beda dalam bakat atau bawaannya, terutama karena pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Kelompok dibentuk untuk menciptakan rasa sosial siswa yang tinggi dan supaya anak sadar bahwa dirinya merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang lain. Sedangkan hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga Negara yang baik dan memiliki keceerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat Untuk mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap social siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Peserta didik di SMP Negeri 7 Pamekasan memiliki keberagaman individu yang besar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan sikap sosial yang dilakukan melalui pendekatan kelompok dalam pembelajran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII A dan guru IPS kelas VII A SMP Negeri 7 Pamekasan. Objek dalam penelitian ini adalah pembentukan sikap sosial siswa melalui pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu instrument yang dibuat berupa pedoman wawancara untuk guru dan siswa, pedoman observasi untuk siswa, dan pedoman analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan sikap sosial melalui pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS dapat dibentuk dengan pertama memberi contoh langsung terhadap siswa kedua dengan menggunakan perjanjian, ketiga menggunakan sistem rangking. Sedangkan implikasi sosial dari Pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat membantu siswa membentuk sikap sosialnya dan menjadikan pribadi yang disiplin, tolong menolong. Sopan santun dan bertanggung jawab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:08 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2359 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |