Hasanah, Mumaisatul (2020) Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Negeri Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1. MUMAISATUL HASANAH_20160701090099_sampul_bkpi_pdf.pdf Download (241kB) |
|
Text
2. MUMAISATUL HASANAH_20160701090099_foto_halaman_persetujuan_bkpi_pdf.pdf Download (222kB) |
|
Text
3. MUMAISATUL HASANAH_20160701090099_foto_halaman_pengesahan_bkpi_pdf.pdf Download (245kB) |
|
Text
4 MUMAISATUL HASANAH_ 20160701090099_ ABSTRAK_bkpi_word.docx Download (17kB) |
|
Text
7. MUMAISATUL HASANAH_ 20160701090099_ BAB I_bkpi_pdf.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. MUMAISATUL HASANAH_ 20160701090099_ BAB II_bkpi_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
9. MUMAISATUL HASANAH _20160701090099_BAB III _bkpi_pdf..pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
10. MUMAISATUL HASANAH _20160701090099_ BAB IV _bkpi_pdf.pdf Download (468kB) |
|
Text
11. MUMAISATUL HASANAH_ 20160701090099_5 BAB V _bkpi_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
12. MUMAISATUL HASANAH_ 20160701090099_ DAFTAR _PUSTAKA_bkpi_pdf.pdf Download (162kB) |
|
Text
13. MUMAISATUL HASANAH_20160701090099_keaslian_tulisan_bkpi_pdf..pdf Download (245kB) |
Abstract
Peran bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK sangatlah diperlukan agar kecemasan yang dialami oleh para pelajar dapat teratasi khususnya dalam memahami mata pelajaran Matematika. Upaya yang dilakukan oleh guru BK yaitu memberikan motivasi, penguatan diri dan rileksasi. Meskipun hal tersebut dilakukan, namun hasil yang diperoleh belumlah mendapatkan hasil yang maksimal dikarenakan tidak adanya kekompakan atau saling pengertian antara guru Matematika dan para siswa. Sedangkan fungsi guru BK hanya berlaku ketika adalaporan dari kedua belah pihak. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Gambaran Kecemasan Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Negeri Sampang; kedua, Bagaimana peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Mengatasi Kecemasan Siswa terhadap Mata PelajaranMatematika Di Madrasah Aliyah Negeri Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti. Seperti kepala sekolah, guru BK, guru Matematika dan siswa siswa yang mengalamikecemasan,.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kecemasan yang dialami oleh siswa yaitu merasa takut atau cemas jika disuruh ke depan untuk menyelesaikan soal karena sulitnya memahami serta menghafal rumus-rumus Matematika, takut dihukum jika tidak bisa mengerjakan soal-soal Matematika sehingga memilih tidur dan keluar saat mata pelajaran Matematika dimulai.Kedua,peranGuru BK di MAN Sampang yaitudenganmemberikanpenjelasanataupemahamanterkaitlayananbimbingandankonselingterhadapsiswa/I MAN Sampangserta Guru BK telah berupaya menyelesaikan dan mengatasi masalah yang dihadapi siswa secara khusus, yaitu dengan metoderelaksasi, memberi penguatan dan memotivasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 06:34 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/236 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |