Mrs, Fitriyah (2021) Analisis Penerapan Metode Collaborative Learning pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fitriyah_20170701082031_Cover_TIPS.pdf Download (204kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf Download (107kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf Download (213kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Abstrak_TIPS.pdf Download (185kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Kata Pengantar_TIPS.pdf Download (229kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (189kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_BAB I_TIPS.pdf Download (432kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_BAB IV_TIPS.pdf Download (369kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Daftar Rujukan_TIPS.pdf Download (304kB) |
|
Text
Fitriyah_20170701082031_Pernyataan Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (199kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Collaborative Learning, Pembelajaran IPS Pada setiap pembelajaran, guru harus bisa memilih metode yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, seperti dengan menerapkan metode pembelajaran collaborative learning pada pembelajaran IPS. Berdasarkan obeservasi yang ada dilapangan, guru IPS kelas VIII di SMP Miftahul telah menerapkan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung Falah Kadur Pamekasan dan penghambat dalam penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan; (2) Untuk mengetahui manfaat dari penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Miftahul Falah Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS kelas VIII dan siswa. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS di kelas diterapkan dengan cara membentuk kelompok. Siswa berdiskusi sesama teman kelompoknya, dengan demikian memudahkan siswa memahami pembelajaran, sehingga penerapan metode ini lebih efektif karena siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran; (2) Faktor pendukung dalam penggunaan metode collaborative learning pada pembelajaran IPS yaitu, tersedianya sarana prasarana pembelajaran di sekolah seperti proyektor dan tersedianya perpustakaan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kurangnya minat belajar siswa; (3) Manfaat dari penerapan metode collaborative learning pada pembelajaran yaitu; (a) meningkatkan keaktifan belajar siswa karena system pembelajarannya secara berkelompok sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, (b) memperlancar informasi, (c) memperluas wawasan siswa, serta menanamkan kerjasama dan toleransi terhadap pendapat orang lain. Hal ini memberikan banyak keuntungan bagi guru maupun siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:06 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2363 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |