Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan

Rifkianto, Taufiqur (2021) Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Siswa Kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_Cover_TIPS.pdf

Download (144kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_HALAMAN_PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_HALAMAN_PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (210kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (88kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_KATA_PENGANTAR_TIPS.pdf

Download (159kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_DAFTAR_ISI_TIPS.pdf

Download (89kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_BAB_I_TIPS.pdf

Download (245kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_BAB _II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_BAB_III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_BAB_IV_TIPS.pdf

Download (262kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_BAB_V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_DAFTAR_RUJUKAN_TIPS.pdf

Download (219kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_TIPS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_LAMPIRAN_LAMPIRAN_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TAUFIQUR RIFKIANTO_20170701081071_RIWAYAT_HIDUP_TIPS.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai-Nilai Pancasila Penanaman nilai-nilai pancasila sangat penting untuk diterapkan pada siswa agar nantinya siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru yang bertugas sebagai fasilitator serta pendidik tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam penanaman nilai-nilai Pancasila terutama bagi guru IPS, yang mana dalam mata pelajaran IPS teerdapat banyak materi yang bisa dikaitkan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan; kedua, apa saja kendala yang dihadapi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai pancasila sangatlah berperan penting, karna guru adalah sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Selaain itu, guru juga sebagai pendidik yang berkewajiban untuk memberikaan motivasi, mengejarkan etika dan penanaman nilai-nilai Pancasila. Kedua, keendala yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila yaitu: 1) guru kurang memahami karakter dari masing-masing siswa yang disebabkan oleh banyaknya siswa di MTsN 3 Pamekasan yang menghambat dalam proses penanaman nilai-nilai pancasila; 2) kurangnya rasa sadar siswa akan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila. Siswa beranggapan bahwa menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan hal besar padahal bisa dilakukan dengan hal-hal keecil seperti mentaati aturan sekolah. Hal itu menjadi kendala bagi guru IPS dalam menanamkan nilai�nilai Pancasila kepada siswa. Dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada proses penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap siswa kelas 8 juga terdapat solusi, solusi yang pertama yakni guru harus lebih melakukan pendekatan dengan siswa supaya guru bisa memahami karakter siswa, dan kedua guru harus lebih intens melakukan penanaman tentang nilai-nilai Pancasila agar siswa lebih memiliki kesadaran akan pentingnya penerapan nilai�nilai pancasila. Siswa sebaiknya memiliki kesadaran akan pentingnyaa penerapan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. Guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran hendaknya meningkatkan penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap siswa. selain itu sekolah juga harus ikut berperan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_135 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:05
Last Modified: 18 Apr 2022 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2365

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item