Zainollah, Achmad (2021) Strategi Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Pamekasan di Era New Normal. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_Cover_TIPS.pdf Download (224kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_Halaman_Persetujuan_TIPS.pdf Download (281kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_Halaman_Pengesahan_TIPS.pdf Download (184kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_20170701081005_Abstrak_TIPS.pdf Download (32kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_BAB I_TIPS.pdf Download (424kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_BAB IV_TIPS.pdf Download (452kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (299kB) |
|
Text
Achmad Zainollah_201707101081005_Pernyataan_keaslian_tulisan_TIPS.pdf Download (219kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran, Blended Learning dan New Normal Pendidikan pada saat ini mengalami ujian dengan adanya pandemi virus Covid-19. Sehingga guru membutuhkan metode pembelajaran yang dirasa sesuai dengan konidisi saat ini. Metode Pembelajan blended learning menjadi metode pilihan utama yang dirasa sesuai dengan kondisi ini. Sehingga ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Blended learning pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Pamekasan diera new normal; (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran Blended learning pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Pamekasan diera new normal; (3) Apa saja dampak dari pembelajaran Blended Learning terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pamekasan diera new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS, siswa dan orang tua siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data, menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran blended learning di SMPN 5 Pamekasan diterapkan dengan cara membagi masing-masing kelas menjadi dua bagian, dan melaksanakan pembelajaran blended learning dengan cara bergantian antara pembelajaran daring dan luring; (2) Faktor pendukung untuk strategi pembelajaran daring yaitu dengan lebih bisa memanfaatkan teknologi dan kedekatan orang tua dengan anak. Sedangkan faktor pendukung strategi pembelajaran luring yaitu dengan diizinkannya pembelajaran tatap muka pada daerah setempat sesuai dengan kebijakan pemerintah kabupaten Pamekasan. Adapun faktor penghambat strategi pembelajaran daring diantaranya; tidak memiliki Hand Phone, kuota internet dan jaringan yang lemot, rasa bosan sehingga menyebabkan kurang fokus dari pribadi siswa. Faktor penghambat dalam pembelajaran luring ialah dengan terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar, dan kemandirian siswa dalam pembelajaran. (3) Dampak dengan adanya sistem pembelajaran ini ialah dapat memecah pembelajaran yang membosankan pada siswa dikarenakan pembelajaran secara daring saja, sehingga dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:04 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2366 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |