Rosyadi, Ali Imron (2021) Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Ranah Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701080013_SAMPUL.pdf Download (127kB) |
|
Text
20160701080013_HAL PERSETUJUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
20160701080013_HAL PENGESAHAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
20160701080013_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
20160701080013_KATA PENGANTAR.pdf Download (183kB) |
|
Text
20160701080013_DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
20160701080013_BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
20160701080013_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
20160701080013_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
20160701080013_BAB IV.pdf Download (260kB) |
|
Text
20160701080013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
20160701080013_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (155kB) |
|
Text
20160701080013_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
20160701080013_LAMPIRAN.pdf Download (956kB) |
|
Text
20160701080013_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (151kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Ranah Kognitif siswa. Kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar sangat dibutuhkan, terutama dalam mengembangkan ranah kognitif siswa, sebab guru yang kreatif dalam mengajar akan mampu merangsang siswa untuk lebih giat belajar, memperhatikan materi, serta memahaminya dengan cepat. Adapun permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama ialah Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan ranah kognitif siswa kelas VIII Pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Proppo Pamekasan?, yang kedua Apa saja hambatan kreativitas guru dalam mengembangkan ranah kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Azhar Mapper Propp Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan interview, observasi, dan analisis dokumentasi. Informasi dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran IPS , Siswa Kelas VIII SMP Al-Azhar Mapper Proppo Pamekasan. Tekhnik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran peneliti, observasi secara mendalam, triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan, Pertama, kreativitas guru dalam mengembangkan ranah kognitif siswa sangat dibutuhkan, seperti menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan gaya mengajar yang tidak terlalu monoton. Hal itu dapat membuat siswa lebih cepat mencerna materi pelajaran terutama pelajaran IPS yang dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan karena menuntut siswa untuk menghafal. Kedua, hambatan yang dihadapi guru IPS dalam mengembangkan ranah kognitif siswa adalah terdapat siswa yang tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung, dan kemampuan dari setiap siswa yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga guru harus betul-betul memahami keadaan dari peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:01 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |