Mrs, Munawaroh (2021) Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Pluralis Siswa Kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Munawaroh-20170701082048-Sampul-TIPS.pdf Download (67kB) |
|
Text
c. Munawaroh-20170701082048-Halaman Persetujuan-TIPS.pdf Download (109kB) |
|
Text
d. Munawaroh-20170701082048-Halaman Pengesahan-TIPS.pdf Download (111kB) |
|
Text
e. Munawaroh-20170701082048-Abstrak-TIPS.pdf Download (84kB) |
|
Text
f. Munawaroh-20170701082048-Daftar Isi-TIPS.pdf Download (55kB) |
|
Text
g. Munawaroh-20170701082048-BAB I-TIPS.pdf Download (160kB) |
|
Text
h. Munawaroh-20170701082048-BAB II-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
i. Munawaroh-20170701082048-BAB III-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
j. Munawaroh-20170701082048-BAB IV-TIPS.pdf Download (195kB) |
|
Text
k. Munawaroh-20170701082048-BAB V-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
l. Munawaroh-20170701082048-Daftar Pustaka-TIPS.pdf Download (91kB) |
|
Text
b. Munawaroh-20170701082048-Pernyataan Keaslian Tulisan-TIPS.pdf Download (74kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Karakter Pluralis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter pluralis Siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong..Pembentuk karakter pluralis siswa dapat dilakukan pada salah satu mata pelajaran IPS yang didalamnya mempelajari mengenai Pluralis masyarakat, masalah-masalah sosial, nilai-nilai sosial, dan toleransi terhadap sesama dalam kehidupan bermasyarakat.Dengan demikian Pluralis juga membahas mengenai sikap menghargai, mengakui serta toleransi dengan perbedaan keberagaman suku, budaya, agama dan bahasa agar tercipta hidup yang toleran dan bijaksana serta rukun. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran guru IPS dalam membentuk karakter pluralis siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong;kedua, bagaimana bentuk karakter pluralis siswa kelas VIII di SMP Nazhatut ThullabPrajjan Camplong; ketiga, apa saja kendala dan solusi guru IPS dalam membentuk karakter pluralis siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar IPS dan peserta didik kelas VIII.Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru IPS memilki peran dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab prajjan camplong seperti mengarahkan dan membina peserta didik di dalam kelas sehingga tercipta karakter yang baik. Kedua, bentuk karakter pluralis kelas VIII yaitu pertama guru mengarahkan peserta didik untuk menggunakan bahasa indonesia dalam komunikasi di dalam kelas karena disebabkan siswa di dalam kelas tersebut berasal dari daerah yang berbeda, bentuk karakter pluralis yang dilakukan oleh guru di dalam kelas melalui materi pelajaran IPS,serta membimbing, membina sikap siswa di dalam kelas agar tercipta karakter yang baik. Ketiga, kendala guru dalam membentuk karakter pluralis diantaranya adalah suasana tidak kondusif di dalam kelas dan beberapa siswa menggunakan bahasa daerahnya sehingga membuat siswa lainnya tidak mengerti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:59 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |