Analisis Strategi Mengajar Dosen IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris IPS Semester Gasal IAIN Madura

Purwaningtiyas, Inka Verdayani (2021) Analisis Strategi Mengajar Dosen IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris IPS Semester Gasal IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Cover_TIPS.pdf

Download (265kB)
[img] Text
c) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Lembar Persetujuan Pembimbing_TIPS.pdf

Download (198kB)
[img] Text
d) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (289kB)
[img] Text
e) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Abstrak_TIPS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
f) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Daftar Isi _TIPS.pdf

Download (213kB)
[img] Text
g) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_BAB I_TIPS.pdf

Download (589kB)
[img] Text
h) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
i) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
j) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_BAB IV_TIPS.pdf

Download (561kB)
[img] Text
k) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
l) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (311kB)
[img] Text
b) Inka Verdayani Purwaningtiyas_18381082031_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_TIPS.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Belajar Rendahnya motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 dapat terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi aktif mahasiswa didalam kelas saat pembelajaran berlangsung dan juga dapat terlihat dari menurunnya indeks prestasi kumulatif yang mereka miliki. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, faktor apa yang dapat menurunkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 IAIN Madura; kedua, strategi apa yang digunakan oleh Dosen IPS dalam mengajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 IAIN Madura; ketiga, bagaimana strategi yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah dosen IPS, dan mahasiswa Tadris IPS semester 5. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu; checking data, organizing (pengelompokan), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, faktor yang dapat menurunkan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 adalah kegiatan lain yang dilakukan oleh mahasiswa diluar kegiatan perkuliahan, seperti mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, dan mahasiswa yang bergabung dalam organisasi. Sistem pelaksanaan pembelajaran yang dijalankan pada saat ini juga mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Penjelasan materi pelajaran dengan sistem pelaksanaan 1 mingu luring 1 minggu daring, mahasiswa mengaku bahwa motivasi belajar mereka tidak konsisten. Kedua, strategi yang digunakan dosen IPS ketika mengajar mahasiswa adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik minat dan semangat mahasiswa untuk belajar ketika pembelajaran tatap muka di kelas. Dosen mempraktekkan beberapa metode dalam pembelajaran dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui metode yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran, sekaligus menjadi bekal mahasiswa nanti ketika Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Selain metode diatas, dosen juga mengaitkan materi pembelajaran dengan realita yang terjadi di lingkungan sekitar. Dosen tidak hanya menggunakan E-learning sebagai media absensi dan pengumpulan tugas, terdapat dosen yang juga menggunakan fitur Google Drive sebagai media pembelajaran. Ketiga, strategi yang dapat mengembalikan motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 yang mengalami penurunan motivasi belajar adalah dengan melakukan pendekatan langsung kepada mahasiswa, baik secara langsung di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa lebih termotivasi saat pelaksanaan sistem pembelajaran tatap muka. Mahasiswa semangat saat pembelajaran berlangsung ketika dosen mudah akrab, sekaligus mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak terlalu kaku. Mahasiswa lebih paham terhadap teori yang sedang dipelajari ketika dosen langsung mempraktekkan teori tersebut. Peneliti menyarankan perlu adanya perbaikan proses pembelajaran yang berlangsung. Selain itu, dosen hendaknya lebih kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran diantaranya seperti metode, pendekatan, media pembelajaran dan lain sebagainya untuk menghindari rasa bosan yang dialami oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa hendaknya lebih peka terhadap tugas dan tanggung jawab yang sedang dipikulnya. Mahasiswa hendaknya mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari di kelas dengan cara belajar, berdiskusi, atau bertanya kepada dosen apabila ada yang dirasa sulit untuk dipahami, sehingga dari hal tersebut bisa mengembalikan bahkan menambah motivasi belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71D ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:58
Last Modified: 18 Apr 2022 01:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2376

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item