Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Bachtiar, Syah Imroni (2021) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (68kB)
[img] Text
b) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Lembar_Persetujuan_Judul_PAI.pdf.pdf

Download (694kB)
[img] Text
c) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Halaman_Pengesahan_PAI.pdf.pdf

Download (267kB)
[img] Text
d) Syah Imroni bachtiar_20160701010175_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (83kB)
[img] Text
e) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Daftar_Isi_PAI.pdf.pdf

Download (605kB)
[img] Text
f) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (776kB)
[img] Text
g) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
h) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
i) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (862kB)
[img] Text
j) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
k) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Daftar_Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (166kB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan (PDF).pdf

Download (152kB)
[img] Text
l) Syah Imroni Bachtiar_20160701010175_Lampiran_PAI.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jika suatu Negara mempunyai sistem pendidikan yang baik, maka dari sistem itulah akan dilahirkan tenaga kerja yang baik.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SDN 1 Padelegan terhadap mata pelajaran Agama Islam. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bervariasi tetapi masih didominasi oleh model ceramah. Adapun model variasi pembelajaran tersebut salah satunya adalah PBL (Problem Based Learning). Model ini telah diterapkan oleh guru agama di SD tersebut dalam proses belajar mengajar. Hal ini selaras dengan pernyataan siswa siswi kelas IV yang telah dijadikan objek penelitian menyatakan kami (Siswa-siswi) ketika belajar tidak hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru tetapi terkadang kami dibuat team atau kelompok untuk membahas permasalahan dalam materi tertentu disaat proses belajar mengajar berlangsung. Focus penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat dua focus yang diantaranya:1) implementasi model pembelajaran Problem based learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam Di sekolah dasar negeri 1 padelegan pademawu pamekasan.2) faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Problem based learning pada mata pelajaran pendidikan agama islalm materi membaca surah-surah Al-Qur’an Di sekolah dasar negeri 1 padelegan pademawu pamekasan. Pada penelitian ini metode yang digunakan peneliti ialah metode kualitatif jenis studi kasus, dimana setelah memperoleh data dari hasil pengamatan dan wawancara, peneliti kemudian menyusun data tersebut, menjelaskan dan dilanjutkan dengan menganalisis data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan.Implementasi model pembelajaran PBL terdapat beberapa tahapan yang pertama: orientasi siswa pada masalah kedua: mengorganisasikan siswa untuk belajar ketiga: membimbing penyelidikan individu dan kelompok keempat: mempresentasikan bacaan surah�surah Al-Quran terkait tajwid, makhrojul huruf, panjang pendek bacaan. Kelima:menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.Model PBL ini memiliki faktor pendukung yaitu: 1) guru yang professional akan membantu memperlancar saat model ini diterapkan 2) pemberian motivasi yang maksimal akan membuat siswa lebih aktif dan kreatif 3) sarana Pendidikan yang memadai akan membantu memperlancar saat model ini diterapkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) SDM siswa yang berbeda mempengaruhi terlaksananya model tersebut 2) minimnya alokasi waktu menghambat penerapan model tersebut 3) guru harus mampu mengontrol dan memobilisasi aktivitas siswa agar terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:22
Last Modified: 14 Apr 2022 03:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2391

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item