Implementasi Sistem Kredit Semester dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep

Khaliq, Abd. (2021) Implementasi Sistem Kredit Semester dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. ABD. KHALIQ_20170701011002_Sampul_PAI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
c. ABD. KHALIQ_20170701011002_Halaman Persetujuan_PAI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
d. ABD. KHALIQ_20170701011002_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
e. ABD. KHALIQ_20170701011002_Abstrak_PAI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
f. ABD. KHALIQ_20170701011002_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
g. ABD. KHALIQ_20170701011002_BAB I_PAI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
h. ABD. KHALIQ_20170701011002_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
i. ABD. KHALIQ_20170701011002_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
j. ABD. KHALIQ_20170701011002_BAB IV_PAI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
k. ABD. KHALIQ_20170701011002_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
l. ABD. KHALIQ_20170701011002_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
b. ABD. KHALIQ_20170701011002_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kata kunci: SKS, Kualitas Pembelajaran, Hambatan Pendidikan merupakan usaha produktif yang digunakan untuk memperbaiki pola hidup manusia dalam berbangsa dan berbudaya, sehingga butuh terobosan-terobosan baru untuk disesuaikan dengan realitas zaman sehingga pendidikan akan selalu dinamis dan terus menjadi solutif utama untuk menjadikan manusia bermartabat dan berdedikasi pada alam sekitar. Penggunaan sistem SKS ini mampu membentuk pendidikan yang dinamis dan inovatif sehingga mampu membentuk pendidikan yang sejalan dengan tuntutan masyarakat dan menjadi evaluasi tersendiri serta menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik, hal demikian pendidikan tidak lagi terikat tetapi luwes sesuai kemampuan siswanya masing-masing. Berdasarkan hal diatas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi sistem kredit semester dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep, kedua, apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep, ketiga, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi faktor penghambat dalam implementasi sistem kredit semester dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI di MAN 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sumenep. Sumber data yang diperoleh berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informen kepala sekolah, waka kurikulum guru dan murid MAN 1 Sumenep, sedangkan untuk pengecekan data bagi peneliti melalui triagulasi metode dan sumber. Hasil penelitian program sistem kredit semester di man 1 sumenep ini ada 3 fokus,yakni: fokus pertama, bagaimanapengimplementasian sistem kredit semester dalam peningkatkan pembelajaran pai di man 1 sumenep yaitu siswa dapat lulus 2 tahun, adapun jumlah sks dalam semester 1 dan 2 berjumlah 104 sks, per semester berjumlah 52 sks. Sedangkan semester 3 dan 6 berjumlah 232 sks per semester 58 sks ini yang peminatan agama, adanya paraf guru dalam jurnal pembelajaran dengan ukbm setiap mapel sebagai tanda siswa menyelesaikan tugas dengan baik dan berhak melanjutkan, di man 1 sumenep peneliti juga menemukan implementasi sistem kredit semester menggunakan sistem semester, dari semester 1 dan 2 untuk kelas sepuluh kemudian 3 dan 4 untuk kelas sebelas kemudian juga untuk semester 5 dan 6 ini untuk kelas dua belas.fokus kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memaksimalkan implementasi sistem kredit semester dalam peningkatan pembelajaran pai di man 1 sumenep yaitu, dukungan dari sarana-prasana, dorongan dari kemenag dan dukungan dari orang tua, kurikulum k13 yang juga masih linier dengan sks, implementasi sks di man 1 sumenep ini di dukung dari civitas man 1 sumenep, guru, kepala sekolah dan karyawan serta kerja sama/ partisipasi baik dengan siswa dan tujuan diberlakukannya sks di man 1 sumenep, terbentuknya komite dalam pengadaan (foto copy) ukbm. Sedangkan disisi yang lain dari faktor penghambat ini dalam pengimplementasian sistem kredit semester di man 1 suemenep, timbulnya pro- kontra diantara beberapa guru yang tidak sepakat diterapkannya program sks, kurangnya lcd permanen dalam kelas, adannya tuntutan profesi menimbulkan ketidak efektifan dalam program sks di man 1 sumenep. Fokus ketiga, bantuan pengayoman dan pengarahan dari pa dan guru bk bagi siswa yang memiliki masalah untuk ditangani, dibentuknya komite untuk meminimalisir terjadinya, pembelajaran online dimasa pandemic, buku digital untuk mengurangi pengeluaran dana wali murid

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:21
Last Modified: 14 Apr 2022 03:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2392

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item