Implementasi Full Day School Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Sampang

Hasanah, Nur (2021) Implementasi Full Day School Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Nur Hasanah-20170701012106-Sampul-PAI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
c. Nur Hasanah-20170701012106-Halaman Persetujuan-PAI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
d. Nur Hasanah-20170701012106-Halaman Pengesahan-PAI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
e. Nur Hasanah-20170701012106-Abstrak-PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
f. Nur Hasanah-20170701012106-Daftar Isi-PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
g. Nur Hasanah-20170701012106-BAB I-PAI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
h. Nur Hasanah-20170701012106-BAB II-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
i. Nur Hasanah-20170701012106-BAB III-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
j. Nur Hasanah-20170701012106-BAB IV-PAI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
k. Nur Hasanah-20170701012106-BAB V-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
l. Nur Hasanah-20170701012106-Daftar Pustaka-PAI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
b. Nur Hasanah-20170701012106-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf

Download (14kB)

Abstract

Kata Kunci : Full Day School, Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam Full day School merupakan sekolah sehari penuh yang dimulai pada jam 07.00 – 16.00 WIB, dimana aktifitas siswa banyak dilakukan di sekolah dari pada diumah. Proses penerapan full day school untuk meningkatkan pengetahuan dan keagamaan siswa dalam proses pembelajaran. Full day school menjadi tolak ukur siswa dalam pengetahuan agar siswa bisa belajar dengan semaksimal mungkin dengan diberikan tambahan pelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi full day school untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Sampang Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung dari implementasi full day school untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, di SMA Negeri 2 Sampang menerapkan sistem pembelajaran full day school mulai dari jam 07.00 – 16.00 karena pandemi penerapan full day school yang dilakukan kurang maksimal dari jam 07.00 – 10.00 dilakukan tatap muka dan jam 11.00 – 16.00 diberikan penugasan online. Guru PAI juga mengadakan kegiatan keagamaan yang dikemas dengan ekstrakulikuler untuk lebih meningkatkan pengetahuan siswa dalam keagamaan, seperti menggambar kaligrafi, mengaji, sholawatan. Kedua, faktor penghambat dan pendukung penerapan full day school di SMA Negeri 2 Sampang yaitu faktor penghambat zona lingkungan dan siswa yang jenuh. Faktor pendukung yaitu menambah pengetahuan siswa, sarana dan prasarana yang memadai dan guru yang professional di bidangnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:20
Last Modified: 14 Apr 2022 03:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2396

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item