Metode Finger Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah Di Desa Pangaporan Plakpak Pamekasan

Nafisah, Wahyu Sakinatun (2021) Metode Finger Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah Di Desa Pangaporan Plakpak Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_Sampul.pdf

Download (192kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN N_18381012191_PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN N_18381012191_HALPENGESAHN_PAI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_ABSTRAK_PAI-dikonversi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_KATA PENGANTAR_PAI-dikonversi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_DAFTAR ISI_PAI-dikonversi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_BAB I PENDAHULUAN_PAI-dikonversi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_BAB II KAJIAN TEORI_PAI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_BAB III METODE PENELITIAN_PAI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_BAB IV PAPARAN DATA & TEMUAN PENELITIAN_PAI-dikonversi.pdf

Download (370kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_BAB V PENUTUP_PAI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_DAFTAR RUJUKAN_PAI-dikonversi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
WAHYU S N_8381012191_PERNYATAAN KEASLIAN_PAI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_LAMPIRAN-LAMPIRAN_PAI-dikonversi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
WAHYU SAKINATUN NAFISAH_18381012191_RIWAYAT HIDUP_PAI-dikonversi.pdf

Download (104kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode finger, menghafal Al-Qur’an. Al-Qur’an yang merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril secara berangsur-angsur dan yang membacanya bernilai ibadah. Al-Qur’an sudah ada sejak dahulu hingga sekarang dan tidak ada yang bisa mengubah isi dari ayat-ayat Al-Qur’an karena salah satu dari keistimewaan Al-Qur’an ialah bahasa yang sangat indah hingga tidak seorangpun dapat mengubah ayat-ayatnya. Al-Qur’an dihafalkan oleh para sahabat-sahabat dan penerus Rasulullah hingga saat ini masih banyak yang menghafalkan Al-Qur’an, terutama di pesantren sudah banyak menggunakan program tahfadiz Al-Qur’an, diantaranya adalah Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah di desa Pangaporang Plakpak Pamekasan dengan menggunakan metode finger dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode finger dalam menghfal Al-Qur’an dipondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah di desa Pangaporan Plakpak Pamekasan. Kedua, Kelebihan dan kekurangan metode finger dalam mengahafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah di desa Pangaporan Plakpak Pamekasan. Ketiga, Bentuk Keberhasilan metode finger dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah di desa Pangaporan Plakpak Pamekasan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Pengasuh,Pembimbing metode finger, dan santri di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Penerapan metode finger dilakukan setiap seminggu sekali, Setiap santri yang ingin mengikuti metode finger harus memilki hafala diatas 5 Juz. Cara menghitung metode finger yaitu dengan kelipatan 3 dimulai dari jari kelingking bagian bawah yang munjukkan ayat ke-1, kemudian dilanjut dengan jari kelingking bagian tengah sebagai ayat ke-2, ayat ke-3 berada pada jari kelingking bagian atas begitupun hitungan selanjutnya. Kedua, kelebihan dari metode finger ialah dapat memperkuat hafalan santri di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah, dan juga dapat mempermudah dalam mencari ayat dan nomor ayat. Sedangkan kekurangannya adalah santri cenderung lebih lamban dalam menghafal Al�Qur’an. Ketiga, bentuk keberhasilan santri antara lain yaitu santri dapat membacakan ayat dan nomor ayat meskipun dengan cara acak, santri dalan sehari dapat menghafal 20 ayat dengan metode finger, hafalan santri mencapai juz 1 akhir tepatnya di ayat 150.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m69B ??
?? m_052 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:53
Last Modified: 14 Apr 2022 02:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2418

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item