Peran Media Sosial Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan

Labib, Ilham Izzal (2021) Peran Media Sosial Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Cover_PAI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
c) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
d) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
e) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Abstrak_PAI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
f) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
g) Ilham Izzal Labib_20160701010062_BAB I_PAI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
h ) Ilham Izzal Labib_20160701010062_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
i) Ilham Izzal Labib_20160701010062_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
j ) Ilham Izzal Labib_20160701010062_BAB IV_PAI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
k) Ilham Izzal Labib_20160701010062_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
l) Ilham Izzal Labib_20160701010062_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
20170701011123_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Sosial, Mutu Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan ialah salah satu sekolah yang memanfaatkan media sosial Zoom atau Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan mutu belajar siswa agar nantinya siswa lebih semangat dalam mengkuti proses pembelajaran daring pendidikan agama islam dan mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah didapat ketika proses pembelajaran daring. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana peran media sosial dalam mengembangkan mutu belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan Kedua, Bagaimana mutu belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam setelah adanya media sosial di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peran Media Sosial dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan ialah semenjak pandemi saat ini melanda Indonesia sekolah mengeluarkan kebijakan sendiri pembelajaran berbasis daring dengan memanfatkan media sosial salah satu media sosial yang dimanfatkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam ialah Zoom Meeting atau WhatsApp karena aplikasi tersebut mudah untuk digunakan baik oleh guru maupun siswa kemudian mengenai faktor pendukungnya ialah kuatnya jaringan akan menentukan suksesnya proses pembelajaran daring ini dan faktor penghambatnya ialah minimnya paket data yang dimiliki oleh guru maupun siswa akan tetapi sekolah memberikan solusi dalam mengatasi hal tersebut dengan cara memberikan bantuan paket data dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional Sekolah agar proses pembelajaran berbasis daring berjalan dengan efektif dan efisien. Kedua, Mutu Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Setelah Adanya Media Sosial di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan ialah Mutu belajar yang dimiliki oleh siswa lebih cukup meningkat dibandingkan dengan sebelumnya hal ini dibuktikan banyaknya siswa yang cukup aktif bertanya ketika proses pembelajaran pendidikan agama islam berlangsung. Dampak itu semua ialah yang diberikaan oleh guru pendidikan agama islam yang didapatkannya cukup memuaskan karena mayoritas nilai siswa tersebut diatas kriteria sesuai yang ditentukan oleh SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:50
Last Modified: 14 Apr 2022 02:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2423

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item