Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (AUD) Melalui Program Literasi di Kelompok B TK Kartini Desa Dasok

Firdausi, Lailatul (2021) Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (AUD) Melalui Program Literasi di Kelompok B TK Kartini Desa Dasok. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Cover_PIAUD.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_BAB I_PIAUD.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lailatul Firdausi_18381062043_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PIAUD.pdf

Download (143kB)

Abstract

Kata Kunci : Perkembangan, Bahasa, Literasi Latar belakang masalah dalam penelitian adalah perkembangan bahasa pada anak usia dini. Perkembangan bahasa harus di stimulus dengan baik agar dapat berkembang sesuai dengan tahapannya. Namun, pada kenyataannya perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak dalam membaca, menulis, dan berkomunikasi, hal ini karena guru tidak memberikan stimulus dengan program atau medote yang menyenangkan. Untuk mengupayakan peningkatakan perkembangan bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok, perlu mengadakan penelitian, yang bertujuan mendeskripsikan penerapan program literasi dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok, melalui program tersebut diharapkan kemampuan berbahasa anak dapat mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini di Kelompok B TK Kartini Desa Dasok dengan menerapkan program literasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : pertama, bagaimanakah penerapan program literasi dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok; kedua, bagaimana peningkatan bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok setelah pelaksanaan program literasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Hoopkins. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 dalam dua siklus, setiap siklus terdapat satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Kartini Desa Dasok, yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B TK Kartini Desa Dasok dengan program literasi, terlihat perkembangan bahasa siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu saat pra siklus kriteria penilaian siswa tertinggi adalah Belum Berkembang(BB) yakni 82% siswa, sedangkan pada siklus I kriteria penilaian tertinggi adalah Mulai Berkembang(MB) yakni 85% siswa, dan pada siklus II kriteria penilaian tertinggi adalah Berkembang Sangat Baik(BSB) yakni 90% siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_072 ??
?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:47
Last Modified: 14 Apr 2022 01:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2484

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item