Fitria, Ani (2020) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle Di Ra B As Syahidul Kabir I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ANI FITRIA_18201501060005_Cover_PIAUD.pdf Download (30kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_Halaman Persetujuan_PIAUD.pdf Download (146kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_Halaman Pengesahan_PIAUD.pdf Download (113kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (13kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_KATA PENGANTAR_PIAUD.pdf Download (114kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (113kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_BAB I_PIAUD.pdf Download (235kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_BAB IV_PIAUD.pdf Download (883kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (120kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_pernyataan keaslian tulisan_PIAUD.pdf Download (177kB) |
|
Text
ANI FITRIA_18201501060005_RIWAYAT HIDUP_PIAUD.pdf Download (22kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Puzzle. Melalui permainan pembelajaran akan terasa menyenangkan dan dapat diserap anak dengan maksimal. Permainan juga dapat meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan kognitif. Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak Ra B usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun Di Ra B As Syahidul Kabir I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Jadi harapan buat guru kedepannya harus bisa fokus dan memberikan sesuatu yg menarik pada saat pembelajaran, sehingga penggunaan metode bermain sambil belajar lebih efektif pada saat diterapkan. Sedangkan untuk siswa harus bisa fokus pada saat guru menerangkan di depan kelas jangan sibuk bermaindengan sendirinya dan pihak sekolah harus bisa memberikan pembiasaan sejak usia dini kepada siswa-siswinya untuk memperhatikan gurunya pada saat waktu menerangkan dan memberikan ice breaking yg menarik agar pembelajaran di dalam kelas menjadi aktif dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode dalam penelitian yang digunakan adalah bermain sambil belajar. Menggunakan siklus-siklus yakni siklus I dan SViklus II dalam penelitian berjumlah 33 anak. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengukuran teks, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung rata-rata nilai setiap indikator pengelolaan pembelajaran selama dua kali pertemuan, untuk melihat perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran dan pemecahan masalah anak sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak di Ra B. terbukti bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif sebelum dan sesudah penggunan media puzzle dapat membantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak, terutama pada perkembangan pemecahan masalah di Ra B usia 5-6 tahun
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:30 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2487 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |