Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura Angkatan 2017 Dan 2018)

Nurhadi, Meisita (2021) Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura Angkatan 2017 Dan 2018). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_Cover_PBS.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_Lembar_ Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_ Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_BAB IV.pdf

Download (964kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_Daftar Rujukan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Meisita Nurhadi_20170703022120_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (188kB)

Abstract

Kata Kunci: Layanan Mobile Banking, Kepuasan Nasabah Layanan Mobile Banking merupakan salah satu fasilitas yang diberikan bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi sehari-hari. Melalui layanan berbasis aplikasi, nasabah bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantri di kantor bank. Tentu dengan adanya Layanan MobileBanking ini diharapkan bisa menjadi solusi permasalahan nasabah sehingga kepuasan nasabah dan loyalitas menjadi tujuan akhir. Salah satu perbankan yang telah memberikan layanan E-banking khususnya Layanan Mobile Banking adalah BRI Syariah. Tujuan penelitian ini ingin lebih jauh mengetahui seberapa besar pengaruh Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy) yang terdapat pada Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Poulasi sebanyak 989 nasabah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang menghasilkan 90 nasabah sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah anlisis regresi linier berganda dengan menggunkan bantuan alikasi SPSS versi 23. Berdasarkan anslisis regresi diperoleh persamaan Y = -4,753 + 0,420X1- 0,183 X2 + 0,282X3 + 0,235X4 + 0,697X5dengan koefisien determinasi 80,3% yang berarti bahwa Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel Layanan Mobile Banking Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Sedangkan sisanya (100% - 80,3% = 19,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel (Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy) pada Layanan Mobile Banking secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan dengan hasil uji F Fhitung sebesar 73,742 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 dan Ftabel sebesar 2,32. Maka nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,000 yang berada dibawah a = 0,05. Sedangkan untuk hasil uji parsial, empat buah variabel menunjukkan hasil yang signifikan yaitu Bukti Fisik (Tangible) (X1) dengan thitung 3,838 > ttabel 1,663, Daya Tanggap (Responsiveness) (X3) dengan thitung 2,382, Jaminan (Assurance) (X4) dengan thitung 2,621, dan Empati (Empathy) (X5) dengan thitung 5,770. Sedangkan variabel Kehandalan (Reliability) (X2) dengan thitung -1,697 yang berarti tidak berpengaruh siginifikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_073 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:00
Last Modified: 13 Apr 2022 03:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2529

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item