Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan kinerja Guru PAI di SMP Islam Al Basthi Plak-pak Pamekasan

Hayyah, Hayyah (2020) Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan kinerja Guru PAI di SMP Islam Al Basthi Plak-pak Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Hayyah_20160701040078_Cover- MPI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
c. Hayyah_20160701040078_Lembar_Persetutuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
d.hayyah_20160701040078_Lembar Pengasahan_MPI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
e. Hayyah_20160701040078_Absrak_MPI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
f. Hayyah_20160701040078_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
g. Hayyah_20160701040078_BAB I_MPI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
h. Hayyah_20160701040078_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
i. Hayyah_20160701040078_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
j. Hayyah_20160701040078_BAB IV_MPI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
k. Hayyah_20160701040078_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
l. Hayyah_20160701040078_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
b. Hayyah_20160701040078_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya.pdf

Download (34kB)

Abstract

Supervisi akademik merupakan upaya kegiatan untuk membantu guru meningkatkatskillnyadalam mengatur proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan, dengan tujuan mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar, memberdayakan tim pelaksana supervisi akademik di madrasah, memfokuskan pada kompetensi pofesional dan kompetensi pedagogik dan mengaktifkan fungsi dan tanggung jawab serta kewenangankepala Sekolah sebagai pelaku supervisi dilembaga madrasah. Dengan tugas pokok bahwa supervisor melakukan supervisi, agar mampu meciptakan guru yang profesional. Dengan adanya supervisi akademik, penting bagi peneliti untuk melakukan pra penelitian yang dilakukan di SMP Islam Al Basthi Plak-pak Pamekasan tentang implementasi supervisi akademik terhadap kinerja guru PAI, bahwa lembaga tersebut melakukan supervisi akademik dengan bersifat sharing, antara supervisor dengan yang disupervisi. Peneliti melakukan penelitian di lembaga tersebut dikarenakan penerapan supervisi akademik di SMP Islam Al basthi Plak-pak Pamekasan bersifat fleksibel dan tidak menoton, bersifat sharing namun tujuan dari pada supervisi akademik dapat berjalan dengan maksimal. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif peneliti menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Pendekatan kualitatif yang peneliti pilih adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek analisis yang dipilih oleh peneliti adalah pada analisis kerja dan aktivitas. Sumber data merupakan data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan, dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk dokumen, laporan, dan arsip-arsip serta buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa supervisi akademik Kepala sekolahSMP Islam Al Basthi dalam meningkatkan kinerja guru PAI dimulai dengan perencanan supervisi akademik Kepala Madrasahdibentuk dengan mengunakan model pendekatan,dirancang pada awal semester. Jenis kegiatan identifikasi, analisi dan evaluasi dari tahun sebelumnya. Dalam implementasi supervisi akademik kepala madrasah yang ditempuh adalah; pendelegasian wakil kepala sekolah dan tugas supervisi untuk melaksanakan supervisi akademik, menggunakan teknik supervisi langsung dan tidak langsung meliputi supervisi guru terhadap kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar dengan membangun komunikasi yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif maupun kolaboratif, tehnik individu dan kelompok. Implementasi belajar mengajar dilakukan dengan beberapa komponen diantaranyakurikulum, silabus, program tahunan, program semester,rencan program, rencana program pembelajaran (RPP), serta materi, metode dan media pembelajaran. Adapun faktor pendukung adalahtersedianya guru pengampu mata pelajaran yang terintegrasi dengan MGMP kabupaten yang dapat memfasilitasi guru PAI dalam melakukan inovasi pembelajaran. Faktor pendukung yang lain adalah adanya akselerasi pendidikan di pesantren dengan fasilitator yang sama, yaitu guru PAI di SMP Islam Al Basthi yang juga menjadi tenaga pengajar pesantren dapat berperan penting dalammelihat perkembangan siswa di bidang keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah banyaknya tenaga pengajar termasuk guru PAI yang belum aktif mengoprasikan IT juga banyaknya lembaga keislaman lain dalam satu wilayah menjadikan faktor penghambat supervisi akademik karena siswa memilih tempat mengaji di musholla lembaga lain, sehingga guru- guru di SMP Islam Al-Basthi tidak bisa memantau secara penuh proses pendalaman agama islam melalui kajian kitab dan ngaji al-Quran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:50
Last Modified: 30 Dec 2022 06:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/264

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item