Implementasi Model Pembelajaran Koloman Pada Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 8 IPS di MTs Negeri 3 Pamekasan

Adibi, Ach Azmi (2021) Implementasi Model Pembelajaran Koloman Pada Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 8 IPS di MTs Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Cover_TIPS.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Halaman_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Abstrak_TIPS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_BAB I_TIPS.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_BAB IV_TIPS.pdf

Download (732kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Ach Azmi Adibi_20170701081001_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karaya_dan_Persetujuan_Publikasi_TIPS.pdf

Download (279kB)

Abstract

Kata Kunci: Implentasi Model Pembelajaran Koloman, COVID-19, Mata Pelajaran IPS. Pada saat pandemi COVID-19 pembelajaran di MTs Negeri 3 Pamekasan yang awalnya tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Karena ada beberapa siswa yang mempunyai kendala untuk mengikuti pembelajaran daring, menyebabkan MTs Negeri 3 Pamekasan mengambil inisiatif untuk menerapkan pembelajaran koloman, termasuk dalam mata pelajaran IPS. Model Pembelajaran Koloman merupakan inovasi model pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 yang mengadopsi budaya Islam tradisional Madura. Model Pembelajaran Koloman yaitu melaksanakan pembelajaran secara terbuka dengan tempat yang disesuaikan dengan keinginan siswa. Model Pembelajaran Koloman dilaksanakan tidak setiap hari dan dilaksanakan secara bergantian seperti Koloman pada umumnya yang dilakukan oleh masyarakat Madura, metode pembelajaran ini bisa dilaksanakan tergantung kesepakatan murid dan guru. Model Pembelajaran Koloman ini diterapkan untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap peserta didik yang memiliki keterbatasan perangkat dan akses data internet untuk pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitain kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis data, yakni data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan carawawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas 8 IPS MTs Negeri 3 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran koloman yaitu bertemunya antara guru dan murid yang terinspirasi dari koloman versi orang Madura, yang sebelumnya sudah ada kesepakatan mengenai tempat dan waktu pembelajaran koloman akan dilaksanakan. Kedua, faktor penghambat untuk model pembelajaran koloman yaitu secara psikologis ada rasa was-was dan khawatir baik dari orang tua siswa, siswa, maupun guru dikarenakan angka penyebaran COVID-19 saat itu masih sangat tinggi. Ketiga, solusi untuk mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran koloman yaitu diusahakan berada dalam satu wilayah, misalkan satu kampung atau satu desa kemudian ditentukan di mana tempat belajarnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:35
Last Modified: 11 Apr 2022 02:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2653

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item