Penerapan Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja

Hakim, Lukmanul (2021) Penerapan Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Lukmanul Hakim-18201501070026-Sampul.pdf

Download (81kB)
[img] Text
c. Lukmanul Hakim-18201501070026-Halaman Persetujuan-TBIN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
d. Lukmanul Hakim-18201501070026-Halaman Pengesahan-TBIN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
e. Lukmanul Hakim-18201501070026-Abstrak-TBIN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
f. Lukmanul Hakim-18201501070026-Daftar Isi-TBIN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
g. Lukmanul Hakim-18201501070026-BAB I-TBIN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
h. Lukmanul Hakim-18201501070026-BAB II-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
i. Lukmanul Hakim-18201501070026-BAB III-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
j. Lukmanul Hakim-18201501070026-BAB IV-TBIN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
k. Lukmanul Hakim-18201501070026-BAB V-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
l. Lukmanul Hakim-18201501070026-Daftar Pustaka-TBIN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
b. Lukmanul Hakim-18201501070026-Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (134kB)

Abstract

Kata Kunci : picture and picture, menulis, deskripsi Salah satu usaha untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah melalui program pendidikan di sekolah. Pembinaan keterampilan berbahasa Indonesia di sekolah dilaksanakan melalui mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan menulis. Pembelajaran keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang bersifat produktif yang sangat penting untuk dikuasai siswa. Keterampilan ini akan sangat membatu siswa dalam mendeskripsikan wacana dan menarasikan sesuatu secara tertulis. Pembelajaran keterampilan menulis deskriptif sering kali menemui permasalah-masalahan dalam prosesnya. Permasalahan tersebut dilihat dari sudut yang kompleks setidaknya berlabuh pada beberapa pangkal masalah. Salah satunya adalah metode dan media yang dipakai guru dalam pembelajaran keterampilan menulis deskriptif. Dalam pembelajaran keterampilan menulis deskriptif guru menerapkan model picture and picture pada siswa kelas VII MTs. Nurul Ulum Banmaling Giliraja. Guna memperoleh data yang lebih rinci dan akurat mengenai permasalahan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa melalui picture and picture, peneliti mengangkat judul penelitian : Penerapan Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja. Penelitian ini menyajikan dua fokus penelitian, yakni; Bagaimana penerapan model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja?dan apa saja hambatan yang dihadapi dalam penerapan model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui fenomena yang berkembang secara utuh dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ulum Banmaling Giliraja Sumenep dengan sumber data kepala sekolah, guru pengajar dan siswa kelas VII. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsilangkah-langkah pembelajaran model picture and picture yaitu menyampaikan kompetensi, menyajikan materi, menyajikan gambar, mengurutkan gambar, menanyakan alasan siswa, mengurutkan gambar, menanamkan konsep sesuai kompetensi, dan yang terakhir penutup siswa dan guru saling berefleksi dan menyimpulkan hasil pembelajaran. Adapun hambatan dalam penerapan model picture and picture adalah adaptasi siswa dengan model picture and picture, dan pembalajaran sering tidak kondusif karena siswa gaduh di dalam kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:34
Last Modified: 11 Apr 2022 02:34
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2655

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item