Penerapan Pembelajaran Daring di MI Al-Karimiyyah Beraji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep

Thoriqurrachman, Mohammad (2021) Penerapan Pembelajaran Daring di MI Al-Karimiyyah Beraji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Cover_PGMI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Hal.Persetujuan_PGMI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Hal.Pengesahan_PGMI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_BAB I_PGMI.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_BAB IV_PGMI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Daftar Rujukan_PGMI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Mohammad Thoriqurrachman_20170701051050_Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Dampak Pembelajaran Daring Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang diselanggarakan secara daring atau online melalui jaringan internet. Kebijakan Pemerintah dalam mengani penyebaran covid-19 yaitu diberlakukannya pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Terdapat beberapa problematika yang dihadapi siswa MI Al Karimiyyah salah satunya sangat jenuh dan pelajaran sulit sekali dipahami. Selain itu, banyak tugas yang harus dikerjakan. Paket data yang harus dibeli sangat membebani orang tua siswa dalam perekonomiannya yang lemah. Pembelajaran daring lebih terasa dampak negatifnya daripada positifnya. Maka dari itu butuh penerapan metode pembelajaran yang efektif supaya siswa nyaman dalam melaksanakan pembelajaran daring sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana metode pembelajaran daring; kedua, bagaimana dampak negatif pembelajaran daring terhadap siswa MI AL-Karimiyyah Beraji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah orang tua, guru dan siswa kelas IV MI Al Karimiyyah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan MI Al Karimiyyah memilih alternatif baru, yaitu menggunakan media whatsApp dalam proses tranformasi ilmu pengetahuan terhadap siswa selama pandemi. Media ini sebagai penghubung antar siswa dan guru dalam memberi dan menerima tugas. Dampak dari pembelajaran daring, muncul kehawatiran, kecemasan dan ketakuatan terhadap siswa dan orang tua siswa. Selain itu, kurang efektif dalam proses pembentukan karakter dan moral siswa karena guru tidak bertemu langsung dengan siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:26
Last Modified: 11 Apr 2022 02:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2663

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item