Pelaksanaan Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menurunkan Tingkat Kenakalan Siswa di SMK AL-Husen Tanjung, Pademawu, Pamekasan

Rohman, Taufikur (2020) Pelaksanaan Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menurunkan Tingkat Kenakalan Siswa di SMK AL-Husen Tanjung, Pademawu, Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_Cover_BKPI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN-20160701090134_Lembar-_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN-20160701090134_Abstrak_BKPI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN-20160701090134_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_BAB I_BKPI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_BAB IV_BKPI.pdf

Download (598kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN-20160701090134_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
TAUFIKUR ROHMAN_20160701090134_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf

Download (243kB)

Abstract

Kata Kunci: Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Kenakalan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi kenakalan siswa di sekolah seperti terlambat datang ke sekolah, berprilaku tidak sopan terhadap guru, membolos, dan keluar kelas ketika jam pelajaran dan tidak kembali lagi ke dalam kelas dan lain sebagainya, yang menyebabkan proses belajarnya menjadi terhambat. maka dari itu peneliti berinisiatif untuk memberikan konseling tershadap siswa kelas XI yang melakukan tindakan kenakalan dengan melaksanakan konseling kelompok dengan teknik resrukturisasi kognitif. Dengan teknik ini siswa di latih untuk bisa mengubah pola piker serta prilakunya yang tidak baik. Berdasarkan hal tersebut, maka tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana pelaksanaan konseling kelompok untuk menurunkan tingkat kenakalan siswa di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan, Kedua Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling kelompok untuk menurunkan tingkat kenakalan siswa di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan, Ketiga apa dampak dari teknik restrukturisasi kognitif terhadap kenakalan siswa di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Prosedur pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjang waktu, ketekunan pengamatan, dan triangualasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Dalam pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif mampu menurunkan tingkat kenakalan siswa dengan hasil 5 siswa mengalami penurunan tingkat kenakalan dan 1 siswa yang masih belum bisa mengubah prilakunya dengan baik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling kelompok, berikut beberapa faktor pendukungnya yaitu kempampuan seorang konselor, klien yang mudah di atur dan seorang konselor yang menarik. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu siswa yang sulit di atur, suasana kelas ramai, suara kurang kedengaran dan fasilitas kurang memadai. Ketiga, Dampak dari teknik restrukturisasi kognitif terhadap kenakalan siswa yaitu mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa yang pada awalnya sering berprilaku tidak baik seperti datang terlambat kesekolah, tidak mendengarkan guru mengajar, tidur di dalam kelas dan prilaku yang lainnya,sekarang mereka sudah dapat memeperbaiki kesalahan mereka secara mandiri. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa ada dampak dari teknik restrukturisasi konitif terhadap pola pikir dan prilaku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:39
Last Modified: 30 Dec 2022 06:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/271

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item