Strategi Membudayakan Bahasa Asing Bagi Siswa Melalui Bimbingan Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan

Indrawati, Indrawati (2022) Strategi Membudayakan Bahasa Asing Bagi Siswa Melalui Bimbingan Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
INDRAWATI_18381042060_COVER_MPI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_BAB 1_MPI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_BAB IV_MPI.pdf

Download (540kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
INDRAWATI_18381042060_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (166kB)

Abstract

Kata Kunci: Membudayakan Bahasa Inggris, Siswa, Bimbingan Belajar. Bimbingan belajar bahasa Inggris sangat penting diadakan di suatu lembaga pendidikan, karena dengan adanya kegiatan bimbingan belajar ini dapat membantu siswa untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan ini mengadakan bimbingan belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa.Adanya bimbingan belajar bahasa Inggris agar siswa dapat membudayakan berbahasa Inggris sehingga nantinya dapat menghadapi persaingan global. Dengan adanya bimbingan belajar bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan ini tentunya akan memberikan hasil yang positif berupa prestasi yang nantinya juga akan menjadikan lembaga Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan menjadi lebih unggul prestasi. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi membudayakan bahasa Inggris melalui bimbingan belajar di MAN 1 Pamekasan. Kedua, apa saja kendala dalam penerapan strategi membudayakan berbahasa Inggris melalui bimbingan belajar di MAN 1 Pamekasan. Ketiga, apa saja solusi dalam mengatasi kendala penerapan strategi membudayakan bahasa Inggris melalui bimbingan belajar di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah MAN 1 Pamekasan, WAKA kurikulum, WAKA kesiswaan, guru bahasa Inggris dan siswa.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi membudayakan bahasa Inggris bagi siswa melalui bimbingan belajar menggunakan empat keterampilan berberbahasa. Keterampilan berbahasa disini diantaranya: keterampilan mendengarkan (listening skill), keterampilan berbicara (speaking skill), keterampilan membaca (reading skill) dan keterampilan menulis (writing skill). Dimana dalam empat keterampilan tersebut terdapat strategi yang berbedabeda agar dapat menarik minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Kedua, kendala yang sering dihadapi dalam penerapan strategi yaitu siswa sering menganggap bahwa pembelajaran bahasa Inggris sangat sulit dipahami, kendala selanjutnya yaitu adanya pandemi COVID 19 yang sangat menghambat pelaksanaan bimbingan belajar khususnya bahasa Inggris. Ketiga, solusi dalam menghadapi kendala yang terjadi yaitu memotivasi siswa dan solusi yang kedua yaitu adanya pandemi COVID dapat diatasi dengan adanya pembelajaran online atau daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 17 May 2022 03:09
Last Modified: 30 Jan 2023 07:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2858

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item