Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Inovasi Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Larangan

Maulidina, Alvia (2020) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Inovasi Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Larangan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1 SAMPUL - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (29kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN - ALVIA MAULIDINA 20160701040032.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.docx

Download (16kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (107kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (18kB)
[img] Text
7 BAB I - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8 BAB II - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
9 BAB III - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
10 BAB IV - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (342kB)
[img] Text
11 BAB V - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (91kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (9kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN - ALVIA MAULIDINA 2016070104032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan, Inovasi Kinerja Guru Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang menjadi kunci keberhasilan sekolah. Oleh karena itu seorang kepala sekolah harus menjalankan peran kepemimpinannya secara efektif agar bisa mempengaruhi bawahannya. Salah satunya dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru yaitu kinerja guru yang dalam pelaksanaannya menerapkan gagasan-gagasan baru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dan menciptakan sekolah yang berkualitas. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan. Kedua, Bagaimana implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru di SMP Negeri 2 Larangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, peran kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru sudah bisa dikatakan baik yaitu kepala sekolah memantau kinerja guru, memberikan motivasi dan dukungan kepada guru, mengadakan rapat dengan guru, menjaga komunikasi. Kedua, implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru yaitu edukator (kepala sekolah memberi contoh pembelajaran yang inovatif, melakukan pembinaan terhadap guru, mengikutsertakan guru pada kegiatan workshop, MGMP, dll), manajer (kepala sekolah mengutamakan kerjasama, melibatkan seluruh stakeholder), administrator (kepala sekolah ikut serta dalam pengelolaan kurikulum, melakukan pemeriksaan perencanaan pembelajaran guru), supervisor (mengadakan pengecekan administrasi pembelajaran guru, melakukan supervisi KBM dan penilaian kinerja guru), leader (kepala sekolah memberikan contoh yang baik, memberi kesempatan guru menyampaikan gagasan), inovator (menggunakan metode yang bermacam-macam, memprogramkan MGMP kelompok dan penilaian kinerja guru), motivator (selalu memberikan motivasi kata-kata, dukungan dan reward). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan inovasi kinerja guru, yaitu: faktor pendukung, a. Guru-guru yang memiliki sikap terbuka terhadap inovasi, b. Sumber daya manusia yang mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya, a. Karakter guru yang berbeda-beda, b. Sarana prasarana yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:02
Last Modified: 30 Dec 2022 07:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/286

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item