Jannah, Roissatul (2022) Model Komunikasi Lembaga Pengembangan Tahfidz AlQur’an di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dalam Membangun Minat Santri Pemula dalam Menghafal Al-Qur’an. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Roissatul Jannah_18382062068_COVER_KPI.pdf Download (190kB) |
|
Text
c. Roissatul Jannah_18382062068_PERSETUJUAN_KPI.pdf Download (362kB) |
|
Text
d. Roissatul Jannah_18382062068_LEMBAR PENGESAHAN_KPI.pdf Download (272kB) |
|
Text
e. Roissatul Jannah_18382062068_Abstrak_KPI.pdf Download (170kB) |
|
Text
f. Roissatul Jannah_18382062068_DAFTAR ISI_KPI.pdf Download (62kB) |
|
Text
g. Roissatul Jannah_18382062068_BAB I_KPI.pdf Download (235kB) |
|
Text
h. Roissatul Jannah_18382062068_BAB II_KPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
i. Roissatul Jannah_18382062068_BAB III_KPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
j. Roissatul Jannah_18382062068_BAB IV_KPI.pdf Download (228kB) |
|
Text
k. Roissatul Jannah_18382062068_BAB V_KPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
l. Roissatul Jannah_18382062068_DAFTAR RUJUKAN_KPI.pdf Download (194kB) |
|
Text
b. Roissatul Jannah_18382062068_KEASLIAN TULISAN_KPI.pdf Download (249kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Komunikasi, LPTQ, membangun minat menghafalkan Al-Qur’an Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangatlah penting. Manusia dituntut untuk pandai dalam berbicara atau berkomunikasi bahkan dalam proses belajar mengajar. Karena hakikat proses belajar mengajar merupakan suatu proses penyampaian pesan komunikasi atau komunikator (pembina) melalui saluran atau media tertentu kepada komunikan (santri) komunikasi pun berlangsung pada pembina untuk dapat membangun atau mengajak para santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern sangat sulit menemukan seseorang yang mau memulai hafalan Al-Qur’annya dari awal. Kebanyakan anak muda di zaman sekarang banyak mengikuti yang sedang ngetren dimasa sekarang. Fokus penelitian dari peneliti yaitu : Pertama, bagaimana model komunikasi LPTQ di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dalam membangun minat santri pemula dalam menghafal Al-Qur’an. Kedua, bagaimana strategi LPTQ dalam membangun komunikasi minat santri pemula dalam menghafal Al-Qur’an. dapat diketahui tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah komunikasi yang digunakan oleh lembaga sehingga mampu menarik minat santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan yang menjadi informan disini adalah pengurus LPTQ, dan santri tahfidz LPTQ. Sumber data yang didapatkan berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka temuan yang di peroleh dilapangan setelah dilakukan cek keabsahan data yang melalui teknik analisa data sebagai berikut: Pertama, di dalam LPTQ bukan hanya menggunakan satu model komunikasi melainkan menggunakan beberapa model komunikasi seperti model komunikasi interpersonal, interaksi, transaksional. Namun model komunikasi yang digunakan oleh pembina banyak menggunakan komunikasi interpersonal atau secara langsung. Kedua, Ada beberapa strategi yang digunakan oleh lembaga pengembangan tahfidz Al-Qu’an dalam membangun komunikasi minat santri pemula dalam menghafal Al-Qur’an yaitu strategi komunikasi yang bertempat, strategi komunikasi wawasan, strategi komunikasi rencana, strategi komunikasi dengan lagu, dan juga strategi komunikasi dengan tajwid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m69B ?? ?? m_090 ?? |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 19 May 2022 01:51 |
Last Modified: | 19 May 2022 01:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2872 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |