Dari, Wulan (2022) Pengelolaan Desain Lingkungan Belajar Anak Usia Dini Di PAUD Al-Anwar Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Wulan Dari_18381042163_Cover_MPI.pdf Download (43kB) |
|
Text
c) Wulan Dari_18381042163_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (60kB) |
|
Text
d) Wulan Dari_18381042163_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (197kB) |
|
Text
e) Wulan Dari_18381042163_Abstrak_MPI.pdf Download (32kB) |
|
Text
f) Wulan Dari_18381042163_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (37kB) |
|
Text
g) Wulan Dari_18381042163_BAB_I_MPI.pdf Download (219kB) |
|
Text
h) Wulan Dari_18381042163_BAB_II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
i) Wulan Dari_18381042163_BAB_III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
j) Wulan Dari_18381042163_BAB_IV_MPI.pdf Download (213kB) |
|
Text
k) Wulan Dari_18381042163_BAB_V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
l) Wulan Dari_18381042163_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (155kB) |
|
Text
b) Wulan Dari_18381042163_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_MPI.pdf Download (193kB) |
Abstract
Kata Kunci: pengelolaan desain lingkungan belajar, lingkungan belajar anak usia dini. Pengelolaan desain lingkungan belajar anak usia dini pada PAUD sangatlah penting dimana cara mengelola diseain lingkungan pada lingkungan anak usia dini pada indoor maupun outdor sangat mempengaruhi minat, suasana hati , kenyamanan anak untuk melaksanakan aktivitas belajar. Berdasarkan penjelasan diatas muncul bebrapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar Pamekasan, kedua Faktor apa saja yang menjadi pendukung dalam pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar Pamekasan, ketiga Faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar Pamekasan. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara semi terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Sekolah, Guru PAUD, dan orang tua murid. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verivikasi. Sementara teknik pengecekan keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar Pamekasan yaitu meliputi penataan tempat duduk yang berubah setiap minggunya sesuai dengan minat anak dengan tujuan agar anak tidak merasa jenuh dan bosan di dalam kelas. Serta desain pada dinding-dinding kelas dilukis dengan warna-warna yang cerah serta gambar-gambar yang disukai oleh anakanak.kedua Faktor yang menjadi pendukung dalam pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar yaitu tempat bermain yang bagus dan aman untuk dimainkan oleh anak usia dini, Hasil gambar atau karya dari anak-anak sudah meiliki tempat tersendiri agar anak bisa melihat ulang hasil karya mereka, dan Pos satpam yang sangat mendukung untuk menjaga keamanan pada lembaga.Ketiga faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan desain lingkungan anak usia dini di PAUD Al-Anwar Pamekasan yaitu dana dari wali murid yang kurang mendukung, Alat-alat bermain yang kurang lengkap. Dan Lokasi masih menumpang kepada lembaga lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 19 May 2022 02:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:12 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2891 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |