Hidayatullah, Ainul (2022) Model Pembelajaran Team Game Tournamet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Kisah Teladan 5 Rasul Di SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Cover_PAI.pdf Download (224kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Halaman Pesertujuan_PAI.pdf Download (115kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Halamanan Pengesahan_PAI.pdf Download (478kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Abstrak_PAI.pdf Download (182kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (470kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_BAB I_PAI.pdf Download (451kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_BAB IV_PAI.pdf Download (925kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (483kB) |
|
Text
Ainul Hidayatullah_18381011024_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (442kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Game Tournament, Penelitian Tidakan Kelas, Siswa Kelas V Hasil belajar merupakan kemampuan dan capaian yang dimiliki siswa setelah mereka mengikuti pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh setelah dilakukan tes kepada siswa kelas V terdapat beberapa siswa yang belum memenuhi KKM 70. Sehingga perlu adanya solusi agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi kisah teladan 5 rasul di SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes dengan menggunakan instrumen lembar wawancara, lembar pre-test dan post-test serta lembar observasi kegiatan pembelajaran. Sedangkan tehnik analisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan sistem dua siklus yaitu Siklus Pertama dan Siklus Kedua, Kondisi awal pada pra siklus nilai siswa yang tuntas KKM sebesar 57,14% dari jumlah siswa keseluruhan. Kemudian hasil nilai siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran team game tournament diperoleh nilai siswa yang tuntas KKM pada siklus I meningkat sebesar 64,28% dan pada siklus kedua terjadi peningkatan siswa tuntas KKM sebesar 89,28%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan team game tournament dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 19 May 2022 03:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2904 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |