Salsabila, Sheely (2022) Perbandingan Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Memahami Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Cover_PAI.pdf Download (40kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (88kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (126kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Abstrak_PAI.pdf Download (32kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Daftar_Isi_PAI.pdf Download (37kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ BAB I_PAI.pdf Download (224kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ BAB IV_PAI.pdf Download (254kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (151kB) |
|
Text
Sheely Salsabila_ 18381012162_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf Download (114kB) |
Abstract
Kata kunci : Metode Perbandingan, metode ceramah, metode diskusi, aqidah akhlak. Metode perbandingan sangat banyak digunakan sebagai metode yang paling mudah untuk mendapatkan hasil yang nyata. Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dilaksanakan oleh pendidik. Metode diskusi merupakan suatu metode pengajaran yang mana pendidik memberi suatu persoalan atau masalah kepada peserta didik, dan peserta didik diberikan kesempatan secara bersama-sama untuk memecahkan masalah itu dengan peserta didik lainnya. Aqidah akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama Islam yang lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan yang hendak di tanamkan dan ditumbuh kembangkan kepada peserta didik sehingga dapat di internalisasikan serta di aplikasikan kedalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi perbandingan metode ceramah dan diskusi dalam aqidah akhlak. metode ceramah dan diskusi sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran aqidah akhlak. Melalui kedua metode ini, siswa akan mengenal seperti apa metode yang akan digunakan dalam pembelajaran di sekolah dan dapat juga membantu siswa untuk mengembangkan potensinya dengan metode tersebut. Selain itu juga siswa dapat mudah memahami pelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Rumusan masalah dari penelitian ini Pertama, bagaimana hasil perbandingan penggunaan metode ceramah dan metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana metode ceramah dan metode diskusi yang di terapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pertama, bagaimana hasil perbandingan penggunaan metode ceramah dan metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana metode ceramah dan metode diskusi yang di terapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, angeket, dan dokumentasi. Subjek yang diteliti sebanyak 16 siswa. Dalam proses analisis data disini menggunakan bantuan aplikasi software SPSS v.25. Hasil penelitian uji komparatif didapatkan nilai signifikasi 0,000 (kurang dari 0,05). Sehingga dikatakan jika nilai signifikan kurang dari 0,05, terdapat perbandingan antara metode ceramah dan diskusi dengan pelajaran aqidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 08:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2920 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |