Implementasi Kantin Kejujuran sebagai Upaya dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa di SMPN 1 Proppo Pamekasan

Fitriazisy, Jihan (2022) Implementasi Kantin Kejujuran sebagai Upaya dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa di SMPN 1 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Cover_PAI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Lembar PengesahanPAI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Abstrak_PAI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_BAB I_PAI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_BAB IV_PAI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Jihan Fitriazisy_18381012082_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (212kB)

Abstract

Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Karakter Jujur, Siswa Penelitian ini berlokasi di SMPN 1 Proppo, dimana dapat dikatakan bahwa sekolah ini sangat peduli akan pentingnya pendidikan karakter siswanya. Kepedulian ini didasari oleh kesadaran sekolah atas kemerosotan karakter yang tengah dihadapi generasi muda bangsa ini akibat dampak globalisasi. Adapun bentuk kepedulian tersebut dilihat dari kegiatan-kegiatan yang diadakan sekolah, salah satunya adalah penyelenggaraan kantin kejujuran. Terdapat tiga fokus masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo dapat menanamkan karakter jujur pada siswa. Kedua, bagaimana karakter jujur siswa di SMPN 1 Proppo melalui penyelenggaraan kantin kejujuran. Dan yang ketiga, apa faktor penghambat dalam penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Serta tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, cara kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo dalam menanamkan karakter jujur pada siswanya yaitu melalui sistem pelayanan yang di gunakan. Sistem pelayanan yang digunakan adalah self service system, dimana siswa melakukan transaksinya secara mandiri, mangambil apa yang ingin dibelinya sendiri, mencari harga makanan yang dibelinya sendiri, membayar harga makanan sesuai nominal yang tertera sendiri, serta mengambil kembalian jika diperlukanpun sendiri, karena memang jajanan yang dijual di kantin kejujuran ini ditata rapi dan dibiarkan begitu saja di atas meja. Kedua, karakter jujur siswa di SMPN 1 Proppo dengan adanya penyelenggaraan kantin kejujuran ini dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan ini ditandai oleh beberapa hal seperti: kemajuan siswa dalam berperilaku jujur baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, hampir tidak adanya keluhan atau kasus-kasus yang berkaitan dengan karakter jujur siswa, menurunnya pelanggaran terhadap tata tertib dan norma-norma yang dilakukan siswa di sekolah, serta minimnya kerugian yang dialami kantin kejujuran dalam proses penyelenggaraannya. Ketiga, faktor penghambat dalam penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal penghambat kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo adalah masih ada saja siswa yang kurang jujur sehingga menimbulkan kerugian. Sedangkan faktor eksternalnya adalah jajanan yang dijual kurang bervarasi dan tidak selengkap kantin umum, sarana prasarana yang kurang memadai, serta sulitnya mencari uang kembalian sehingga membuat siswa beberapa kali urung untuk membeli makanan di kantin kejujuran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 02:30
Last Modified: 30 Jan 2023 08:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2928

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item