Romadhoni, Ach. Ilham (2022) Penerapan Media Miniatur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V pada Materi Kenampakan Alam SDN Potoan Daya 2 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Cover_PGMI.pdf Download (261kB) |
|
Text
c) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (131kB) |
|
Text
d) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (178kB) |
|
Text
e) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Abstrak_PGMI.pdf Download (186kB) |
|
Text
f) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (219kB) |
|
Text
g) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_BAB_I_PGMI.pdf Download (457kB) |
|
Text
h) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_BAB_II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text
i) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_BAB_III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
j) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_BAB_IV_PGMI.pdf Download (857kB) |
|
Text
k) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_BAB_V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
l) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (437kB) |
|
Text
b) Ach. Ilham Romadhoni_18381051003_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya _PGMI.pdf Download (157kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Miniatur, Pemahaman, Siswa Proses belajar mengajar merupakan sebuah komunikasi yang dilakukan antara guru dan siswa. Dengan penggunaan media pembelajaran, dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Salah satunya adalah media pembelajaran miniatur. Dimana dalam penggunaanya dapat menggatikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan media miniatur dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam SDN Potoan Daya 2?, kedua, Bagaimana hasil penerapan media miniatur dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam SDN Potoan Daya 2?, ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan media miniatur dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam SDN Potoan Daya 2? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahawa: pertama, penerapan media miniatur berjalan dengan sangat baik. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui penerapan media miniatur. Pemilihan metode pembelajaran dan cara guru menarik perhatian atau fokus siswa sangat mempengaru pelaksanaan penerapan media miniatur tersebut. Kedua, hasil dari penerapan media miniatur cukup berhasil pada saat saat pra siklus, siswa sangat pasif dalam mengikuti pembelajaran karena hanya terfokus pada buku siswa tanpa menggunakan media pembelajaran. Tingkat pemahaman siswa pun masih menengah berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa 85,71%, dengan nilai rata-rata 78,57. Sedangkan dalam pelaksanaan siklus II persentase ketuntasan siswa 100%. Nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, seluruh siswa masuk dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata 87,85. Ketiga, Faktor pendukung penerapan media miniatur dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi kenampakan alam di SDN Potoan Daya 2 yaitu kemenarikan media miniatur kenampakan alam, minat belajar siswa, dan kemampuan pendidik. Untuk faktor penghambatnya adalah waktu yang terbatas dan tingkat pemahaman siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:41 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 07:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2932 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |