Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Pademawu Barat 1 Kecamatan Pademawu Tahun Ajaran 2021/2022

Maryam, Rachel (2022) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Pademawu Barat 1 Kecamatan Pademawu Tahun Ajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Cover_PGMI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Lembar_Persetujuan_Prmbimbing_PGMI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Abstrak_PGMI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_BAB I_PGMI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_BAB IV_PGMI.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Rachel Maryam_18381052076_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Kata Kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi karena motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik belum optimal. Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Siswa cenderung bosan dengan model pembelajaran yang monoton sehingga menyebabkan siswa kurang semangat dan kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu model pembelajaran Think Pair Share. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Purnomo bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pademawu Barat 1 yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan menghitung skor motivasi belajar, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Pademawu Barat 1 Tahun Ajaran 2021/2022 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase skor observasi motivasi belajar setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 11,36% dari 73,29% menjadi 84,65% pada siklus 2. Sedangkan pada angket motivasi belajar terjadi peningkatan dari siklus1 ke siklus 2 sebesar 4,17% yaitu dari 81,81% menjadi 85,98%. Siswa juga merespon dengan baik mengenai penerapan model pembelajaran Think Pair Share terbukti dengan skor angket respon siswa yang diperoleh sebesar 86,02%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 03:21
Last Modified: 27 Jan 2023 06:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2935

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item