Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pademawu

Kamilah, Anisatul (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pademawu. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_COVER_MPI.pdf.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_LEMBAR_PERSETUJUAN_ PEMBIMBING _MPI.pdf.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_ABSTRAK_MPI.pdf.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_DAFTAR ISI_MPI.pdf.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_BAB I_MPI.pdf.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_BAB II_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_BAB III_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_BAB IV_MPI.pdf.pdf

Download (760kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_BAB V_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_DAFTAR_RUJUKAN_MPI.pdf.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Anisatul Kamilah_18201501040024_SURAT_PERNYATAAN KEASLIAN_KARYA_DAN_PERSETUJUAN PUBLIKASI_MPI.pdf.pdf

Download (285kB)

Abstract

Kata Kunci: Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Disiplin merupakan unsur yang penting bagi setiap individu untuk membentuk pola perilaku yang sesuai, baik ditinjau dari manusia sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Individu yang disiplin dapat melaksanakan tugas dengan tertib dan teratur sesuai dengan tata tertib yang berlaku yang akan menjadikan hidup mereka teratur. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini sesuai kejadian dilapangan, dengan memanfaatkan prosedur ilmiah untuk dapat menjawab masalah secara actual. Sumber data yang diperoleh dari wali kelas, guru, dan peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber, dimana peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber dengan pertanyaan yang sama sampai dengan mendapatkan jawaban yang sama/valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu dengan menjalankan aturan yang sudah di buat oleh lembaga pendidikan. Dan juga guru memberikan contoh kepada peserta didik bagaimana agar kedisiplinan yang diterapkan oleh guru bisa ditiru oleh pesrta didiknya. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu semua elemen warga sekolah mulai kepala sekolah dan semua guru ikut membantu dalam rangka mendisiplinkan peserta didik agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Dan juga aturan yang sudah dibuat oleh sekolah dapat membantu guru-guru dalam menjalankan kedisiplinan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah siswa itu sendiri yang susah untuk diatur sehingga menyukitkan bagi pendidik untuk mendisiplinkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:49
Last Modified: 27 Jan 2023 06:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2981

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item