Ulandari, Dewi (2022) Manajemen Pembinaan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Cover_MPI.pdf Download (120kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (196kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (220kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Abstrak_MPI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (92kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_BAB I_MPI.pdf Download (335kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_BAB IV_MPI.pdf Download (557kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (310kB) |
|
Text
Dewi Ulandari_18381042034_Surat _Pernyataan_Keaslian_Karya_MPI.pdf Download (109kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Pembinaan Kedisiplinan Santri, Pondok Pesantren Manajemen pembinaan kedisiplinan santri merupakan suatu proses pengelolaan lembaga pesantren yang dilakukan oleh pengurus atau ustadzah dalam membina perilaku santri agar taat terhadap peraturan sehingga tingkah laku santri dapat terarah dengan didasarkan pada bentuk-bentuk kedisiplinan. Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari santrinya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan; kedua, bagaimana pengorganisasian pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan; ketiga, bagaimana pelaksanaan pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan dan keempat, bagaimana evaluasi pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data menggunakan data primer. Informannya adalah pengasuh santriwati, pengurus santriwati dan santriwati. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan yaitu membuat peraturan atau tata tertib kedisiplinan santriwati dan membuat atau menyusun pedoman pelanggaran beserta hukumannya diberikan kepada santriwati yang melanggar. Kedua, dalam pergorganisasian pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan sudah dibentuk struktur atau personel yang menangani pembinaan kedisiplinan santriwati dan yang mengendalikan yaitu para pengurus dan pengasuh diantaranya ketua umum, pengurus kamar atau asrama juga pengurus yang memiliki tugas tambahan. Ketiga, untuk pelaksanaan pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan yang baik dari pengasuh dan para pengurus, pemberian motivasi dan nasihat dari pengasuh dan para pengurus kepada santriwati, pemberian keputusan kepada para pelanggar aturan dengan hukuman atau sanksi. Keempat, evaluasi pembinaan kedisiplinan santriwati di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan dilakukan dengan cara rapat bersama pengurus yang dilaksanakan secara bertahap yaitu setiap minggu sekali. Kegiatan evaluasi ini dilakukan untuk memperbaiki kedisiplinan santriwati, serta mengetahui masalah atau kendala yang dihadapi para pengurus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:08 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:14 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3007 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |