Jufri, Moh. Nurcholis Asrory (2022) Pelaksanaan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Cover_MPI.pdf Download (238kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (226kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory_18381041107_Halaman_Pengesahan_MPI.pdf Download (367kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Abstrak_MPI.pdf Download (233kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (422kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_BAB I_MPI.pdf Download (853kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_BAB IV_MPI.pdf Download (582kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Daftar_Rujukan_MPI.pdf Download (446kB) |
|
Text
Moh Nurcholis Asrory Jufri_18381041107_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_PersetujuanPublikasi_MPI.pdf Download (390kB) |
Abstract
Kata Kunci: Supervisi Klinis; Kinerja Guru. Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis untuk meningkatkan kinerja guru dalam bidang studi pendidikan agama islam di MA Miftahul Qulub Polagan. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus, yaitu a) bagaimana pelaksanaan supervise klinis untuk meningkatkan kinerja guru dalam bidang studi pendidikan agama islam b) apa saja faktor pendukung dan penghambat pada saat pelaksanaan supervisi klinis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa hasil wawancara kepada pihak yang bersangkutan di MA Miftahul Qulub Polagan, observasi dan dokumentasi dengan narasumber kepala madrasah dan guru yang disupervisi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) supervisi klinis adalah suatu bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru secara sengaja yang dimulai dari pertemuan awal, observasi kelas dan pertemuan akhir yang dianalisis secara cermat, teliti dan obyektif untuk mendapatkan perubahan perilaku mengajar yang diharapkan. Pada pertemuan awal kepala madrasah menciptakan hubungan yang baik serta menjelaskan definisi dari supervisi klinis tersebut. Pada tahap observasi kepala madrasah mulai melakukan pengamatan pada apa yang dilakukan guru yang sesuai dengan instrumen observasi. Pada pertemuan balikan kepala madrasah melakukan dengan segera setelah melakukan pengamatan pembelajaran, dengan terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap hasil pengamatan, b) faktor pendukung pada saat pelaksanaan supervisi klinis yaitu adanya dukungan yang tinggi dari pihak pengelola sekolah dan apresiasi dari pendidik lainnya. Juga faktor penghambat yaitu kurang tepatnya waktu dalam melaksanakan penilaian formatif, dan melalakukan supervisi klinis karan terbenturnya dengan agenda ekstra diluar sekolah. Dalam supervisi klinis ini diharapkan guru bidang studi pendidikan agama islam setelah pelaksanaan supervisi klinis ini adalah meningkatnya kemampuan kompetensi kinerja guru dalam pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3015 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |