Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Produk Tabungan Umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan

Zahrah, Fatimatus (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Produk Tabungan Umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Cover_PBS.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Abstrak_PBS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_BAB I_PBS.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_BAB IV_PBS.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Fatimatus Zahrah_18383022065_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi.pdf

Download (69kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Reputasi, Lokasi dan Kepuasan Lembaga keuangan di Indonesia sudah semakin banyak, baik di daerah kota maupun pelosok desa. Dari berbagai kebutuhan masyarakat, maka muncullah lembaga-lembaga keuangan baik yang berbentuk makro ataupun mikro untuk menjadi perantara dalam pengelolaan keuangan masyarakat yang cukup efektif, seperti BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. salah satu hal yang dapat dilakukan BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan dalam meningkatkan kepuasan anggotanya yaitu dengan memperhatikan kualitas pelayanan, reputasi dan lokasi. Dengan adana kualitas pelayanan dan reputasi yang baik, serta lokasi yang strategis maka dapat meningkatkan kepuasan anggota. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan yang berjumlah 11.187 orang. Sedangkan untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 99 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dari kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas), dan uji hipotesis (koefisien determinasi, uji F, dan uji t). Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas pelayanan diperoleh thitung sebesar 3,318 > ttabel 1,985 yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota pengguna produk tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Untuk variabel reputasi diperoleh thitung sebesar 4,812 > ttabel 1,985 yang reputasi berpengaruh terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Untuk variabel lokasi diperoleh thitung sebesar 1,275 < ttabel 1,985 yang berarti lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Sedangkan untuk hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 24,043 > Ftabel 2,70 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kualitas pelayanan, reputasi, dan lokasi terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_067 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:26
Last Modified: 18 Jul 2023 02:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3020

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item