Penerapan Metode Scramble Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Mambaul Ihsan Prenduan Sumenep

Ardilla, Nadia (2022) Penerapan Metode Scramble Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Mambaul Ihsan Prenduan Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_SAMPUL_PAI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_HAL PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_HAL PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_BAB I_PAI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_BAB IV_PAI.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Nadia Ardilla_18381012130_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Scramble, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk digunakan dalam mata pelajaran PAI adalah metode scramble. Metode scramble adalah suatu metode yang menggunakan penekanan latihan soal yang berupa permainan dan dikerjakan secara berkelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK Mambaul Ihsan Prenduan Sumenep dimana terdapat beberapa siswa yang merasa bosan, jenuh, dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam dikarenakan menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 permasalahan yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini, yaitu Pertama, bagaimana pelaksanaan metode scramble pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Mambaul Ihsan Prenduan Sumenep. Kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat metode scramble pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Mambaul Ihsan Prenduan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan penerapan metode scramble pada pembelajaran pendidikan agama Islam ialah 1) Tahap Persiapan. Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, mempersiapkan materi ajar menggunakan kurikulum KTSP 13 Revisi 2019 dan buku paket PAI kelas XI, mempersiapkan lembar soal, dan menggunakan media pembelajaran. 2) Tahap Pelaksanaan. Guru PAI memaparkan materi PAI, menginstruksikan kepada siswa membentuk 5 kelompok secara acak, membagikan lembar soal dan jawaban yang sudah disediakan dalam kondisi acak, pendidik membacakan soal di depan siswa dan masing-masing kelompok berebutan untuk menjawab soal, jawaban soal yang benar akan memperolehkan nilai. 3) Tahap Penutup. Pendidik melakukan evaluasi dengan pengulangan materi, memberikan soal dan nilai ulangan harian serta menilai hasil kegiatan belajar mengajar. Kedua, faktor pendukung penerapan metode scramble pada pembelajaran PAI adalah 1) pendidik memberikan semangat kepada siswa. 2) pendidik membagikan kelompok secara acak. 3) pemberian pemahaman tentang tujuan pembagian kelompok. 4) pemberian apresiasi kepada siswa. Faktor penghambat penerapan metode scramble pada pembelajaran PAI adalah 1) terbatasnya pemahaman guru terhadap peserta didik. 2) penggunaan metode pembelajaran yang monoton. 3) kemampuan belajar peserta didik yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:58
Last Modified: 27 Jan 2023 07:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3038

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item