Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ushul Fiqh Di MAN Sumenep

Syamlan, Sofa Said (2022) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ushul Fiqh Di MAN Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Cover_PAI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Abstrak_PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_BAB I_PAI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_BAB IV_PAI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Sofa Said Syamlan_18381012170_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (74kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Kejenuhan Belajar, MAN Sumenep Strategi adalah rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan eksekusi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Di sini lebih kepada strategi pembelajaran yaitu bagaimana seorang guru dapat menyusun strategi semenarik mungkin agar pembelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua rumusan masalah yang menjadi pokok kajian penelitian ini. Pertama, bagaimana penyebab siswa mengalami kejenuhan belajar pada mata pelajaran Ushul Fiqh di MAN Sumenep. Kedua, bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajaran pada mata pelajaran Ushul Fiqh di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan kualiatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru bimbingan konseling (BK), guru mata pelajaran Ushul Fiqh dan siswa kelas 12 jurusan Keagamaan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya ialah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitiannya ialah pertama, siswa mengalami kejenuhan belajar dalam memahami materi Ushul Fiqh dikarenakan beberapa faktor yaitu referensi terkait Ushul Fiqh di MAN Sumenep sangat minim sehingga siswa kurang memahami materi Ushul Fiqh yang disampaikan oleh guru, juga terkadang guru kurang kreaktif dalam menentukan strategi atau metode pembelajaran dan suasana belajar yang tidak bervariatif membuat siswa merasa jenuh dalam mempelajari dan memahami materi Ushul Fiqh. Kedua, strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Ushul Fiqh di MAN Sumenep diantaranya; Guru menggunakan strategi yang sesuai dengan tipologi siswa sehingga lebih mempermudah siswa dalam memahami materi Ushul Fiqh dan guru sebelum menyampaikan pembelajaran memotivasi siswa terlebih dahulu guna membangun semangat siswa dalam belajar Ushul Fiqh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:07
Last Modified: 27 Jan 2023 07:52
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3040

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item