Muyassaroh, Muyassaroh (2022) Penggunaan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Cover_PAI.pdf Download (51kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (140kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (261kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Abstrak_PAI.pdf Download (280kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (270kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_BAB I_PAI.pdf Download (659kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_BAB IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (475kB) |
|
Text
Muyassaroh_ 18381012129_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (246kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Kisah, Pemahaman Siswa, Al-Quran Hadits Kegiatan pembelajaran guru harus memiliki strategi agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efisien salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasi tekhnik-tekhnik penyajian atau biasa disebut metode mengajar. Untuk itu peneliti menerapkan metode kisah guna memberikan pemahaman mendalam kepada siswa sehingga dengan menggunakan metode tersebut siswa sangat aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran terutama Al-Quran Hadits. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerepan metode kisah dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan? kedua Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VIII dengan Sampel yang berjumlah 20 siswa. dan pengumpulan data dilakukan dengan melakukan, observasi, tes, dokumentasi guna meningkatkan pemahaman siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, penerapan metode kisah siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga siswa mampu memahami pembelajaran yang disampaikan. Dilihat dari hasil obervasi aktifitas peneliti dan siswa dapat disimpulkan bahwa hasil aktivitas peneliti pada siklus I masih dalam kategori tinggi atau dengan nilai 73,33 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi dengan nilai 83,33 dan hasil aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 70 dengan kategori tinggi, sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai 90 dengan kategori sangat tinggi. kedua, peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil pree-test perolehan nilai siswa secara klasikal mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70 dengan kategori tinggi dan pada siklus II sebesar 90 dengan kategori sangat tinggi. karena perhatian peserta didik yang sepenuhnya terpusat pada pembelajaran. disimpulkan bahwa penggunaan metode kisah dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:57 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3056 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |