Maulida, Anis (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kecepatan Menghafal pada Santri di Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Cover_PAI. pdf.pdf Download (313kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ PAI. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Halaman Pengesahan_ PAI_1.pdf Download (178kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Abstrak_ PAI. pdf.pdf Download (439kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Daftar_Isi_ PAI. pdf.pdf Download (295kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ BAB I_ PAI.pdf Download (466kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ BAB II_ PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ BAB III_ PAI. pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ BAB IV_ PAI. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ BAB V_ PAI. pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Daftar_Pustaka_ PAI. pdf.pdf Download (395kB) |
|
Text
Anis Maulida_ 18381012031_ Pernyataan Keaslian_ PAI_2.pdf Download (188kB) |
Abstract
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecepatan Menghafal, Al-Qur’an. Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecepatan menghafal Al-Qur’an. Hal yang melatar belakangi penelitian ini, yaitu kemampuan anak dalam cepat menghafal Al-Qur’an tidak cenderung pada kemampuan kognitifnya saja, akan tetapi bagaimana anak mampu mengendalikan kecerdasan emosionalnya dengan baik. Permasalah yang sering terjadi terkait menghafal Al-Qur’an yaitu ragu-ragu, mudah putus asa, dan berpersepsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit. Pada dasarnya kecerdasan emosional menjadi salah satu komponen penting untuk dapat hidup ditengah-tengah masyarakat.kecerdasan emosional menjadi peran utama dalam membantu seseorang bisa menghafal AlQur’an dengan cepat, kenyataannya ketika seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri dan tidak ada rasa takut maka hafalannya bisa lancar. Sedangkan ada juga seseorang yang banyak masalah tetapi dia tetap bisa menghafal dengan lancar. Oleh karena itu, dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecepatan menghafal Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan subjek penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling, dengan teknik pengumpulan data angket, observasi, dan wawancara. Uji hipotesis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh “r” hitung sebesar 0,834 kemudian dikonsultasikan dengan nilai “r” tabel pada N=34 dan signifikansi 5% sebesar 0,339. Hasilnya menunjukkan “r” hitung (0,834) > “r” tabel (0,339) maka hipotesis diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara variabel X (kecerdasan emosional) dengan variabel Y (kecepatan menghafal AlQur’an pada santri di Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Sampang) pada tahun 2022
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:12 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3058 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |