Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan

Anis Fitriatul, Jannah (2022) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Cover_PAI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Abstrak_PAI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Bab I_PAI.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Bab II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Bab III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Bab IV_PAI.pdf

Download (783kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Bab V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Anis Fitriatul Jannah_18381012029_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Pendidikan Agama Islam, Toleransi SMA Negeri 1 Pamekasan merupakan salah satu sekolah yang heterogen. Di mana salah satu letak keheterogennya adalah dalam konteks keyakinan beragama. Maka dari itu, sangat perlu adanya sikap saling menghargai perbedaan. Sikap acuh dan tidak menghargai hanya akan muncul apabila peserta didik tidak memahami makna toleransi beragama yang sebenarya. Sebaliknya, ada yang memahami toleransi beragama secara berlebihan sehingga merusak akidahnya sebagai muslim. Padahal, dalam ruag lingkup agama, sikap menghargai ini bukan berarti membenarkan atau mengikuti melainkan cukup membiarkan. Karena dalam bertoleransi ada batas-batas yang tidak boleh dilanggar oleh manusia berdasarkan syariat Allah. Maka dari itu, sangat penting adanya penerapan sikapsikap toleransi beragama melalui internalisai nilai-nilai pendidikan agama islam terhadap individu peserta didik di sekolah sehingga bisa lebih efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran toleransi yang ada di SMA Negeri 1 Pamekasan? kedua, bagaimana internalisasi nilai-niai pendidikan agama islam dalam membangun tolerani beragama siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan? ketiga, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama islam dalam membangun toleransi beragama siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Deskriptif kualiatif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi di lapangan selama penelitian berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar PAI, siswi muslim dan siswi non muslim. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gambaran toleransi yang ada di SMA Negeri 1 Pamekasan menunjukkan gambaran yang baik. Bisa dilihat dari beberapa aspek, misalnya dari interaksi sosial antar siswa, guru terhadap siswa atau bahkan kepala sekolah melalui kebijakannya terhadap siswa-siswi minoritas; kedua, internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam membangun toleransi beragama diajarkan oleh guru di dalam kelas melalui pendidikan toleransi disertai dengan siroh nabawiyah dan dalil-dali penguat; ketiga, faktor penghambat internalisasi pendidikan agama Islam terletak pada tingkat keluasan pengetahuan atau wawasan guru. Adapun faktor pendukungnya adalah kesadaran siswa dalam menerima perbedaan, pendidik yang profesional serta kebijakan sekolah yang memberikan kebebasan penuh terhadap siswa-siswi non muslim dari segi pakaian, pelajaran agama, ibadah, dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:37
Last Modified: 27 Jan 2023 08:03
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3060

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item